Jurusan ‘Biasa’ … PROSPEKnya ‘LUAR BIASA’ (part3)

Posted: March 4, 2013 in INFO JURUSAN
Tags: , , , , , , , , , ,

316635142_8650b47977

BIOLOGI MURNI

Salam Semangat … \(^_^)/

Apa kabar teman-teman?… sudah H-5 dari deadline finalisasi jurusan SNMPTN 2013, apakah sudah mantap dengan pilihan jurusannya? atau bahkan belum finalisasi sama sekali?? :-)

Hmmm… kalau begitu coba saya kasih lagi sedikit info tentang jurusan berikut melanjutkan kupasan saya sebelumnya, Info Jurusan (part 2) .

Kali ini saya bahas tentang jurusan BIOLOGI MURNI… “Jurusan Biasa” ini seringkali dianggap angin lalu oleh sebagian orang, padahal mungkin saja mereka belum tahu prospek kerjanya. Seperti halnya dengan jurusan ilmu murni lainnya seperti FISIKA MURNI, MATEMATIKA MURNI, dan KIMIA MURNI, kebanyakan sebagian orang berpikir prospek kerja jurusan ini adalah sebagai guru, padahal kan kita tahu yhaa bahwa kalau jadi guru itu kuliahnya di jurusan Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan mata pelajaran lain.

Walaupun sebenarnya profesi Guru itu, bukan profesi yang “ecek-ecek” lochh untuk saat ini dan prospeknya ke depan…(nanti akan dibahas di kupasan selanjutnya). So, jangan underestimate dulu yhaa guys…. coba disimak dulu infonya..yuk! \(^_^)/

Apa itu BIOLOGI MURNI?

  • Biologi itu mempelajari tentang makhluk hidup dan hubungannya dengan lingkungan
  • Biologi mutlak diperlukan dalam perkembangan teknologi sejak berbagai penemuan seperti genetika, bioteknologi, mikrobiologi, dan obat-obatan herbal
  • Apalagi sekarang ini hal-hal mengenai global warming mulai menyentuh bidang ekologi dan konservasi alam. Jadi, bisa dikatakan lulusan-lulusan biologi akan sangat diperlukan di masa yang akan datang

Apa saja yang dipelajari di BIOLOGI MURNI?

Biologi berdiri dibawah naungan Fakultas MIPA atau di beberapa universitas berdiri di fakultasnya sendiri (misal : Fakultas Biologi UGM). Biologi di universitas memfokuskan kepada studi mengenai hewan dan tumbuhan sementara studi mengenai manusia lebih diarahkan pada kedokteran dan psikologi. Jurusan ini memiliki 2 peminatan diantaranya adalah peminatan ke hewan (zoologi) dan peminatan ke tumbuhan (botani). Jurusan ini mempelajari diantaranya adalah bioteknologi, botani, zoologi, histologi, evolusi, bahkan paleontologi. Lulusan dari jurusan biologi akan mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si).

Lulusan BIOLOGI MURNI bisa kerja dimana saja yah?

  • Di luar negeri, jurusan biologi adalah jurusan yang sangat populer dan memberikan prospek yang besar dan lulusannya bisa terjun ke banyak bidang
  • Di Indonesia,  lulusan biologi bisa masuk ke bidang penelitian (LIPI, Inhutani, Perhutani), bidang konservasi dan perlindungan alam, bidang pendidikan (dosen dan guru), juga bidang industri seperti industri makanan fermentasi, industri perkebunan, industri pertanian dan kehutanan.
  • Di Badan Milik Pemerintah dan Swasta seperti : Badan Lingkungan Hidup (BLH), LIPI, BP POM, Perum. BULOG, Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, Tropical Disease Research Center (TDRC), PT Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat), PT Nestle Indonesia, PT. Indofood, PT Campina, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, PT MEMTITO Indonesia, PT Panca Mitra Multi Perdana, lembaga perbankan (Mandiri, BRI, BTN), PT Tirta Sarana Sukses, Cheil Jedang. Serta media seperti Trans corp.

Apa saja bidang pekerjaan lulusan BIOLOGI MURNI?

1. FORENSIC ANALYZER di PUSLABFOR (Pusat Laboratorium Forensik) POLRI

Mungkin gak terpikir di benak kita bahwa lulusan Biologi Murni bekerja di Badan Kepolisian, padahal lulusan Biologi Murni memiliki peranan yang mutlak diperlukan bahkan merupakan bagian penting dari Kepolisian terutama di Puslabfor dalam hal pengungkapan fakta-fakta dan identitas pelaku kejahatan. Masa iya sih ?? kok bisa?? apa hubungannya?? oh yaaa ???… Mungkin itu beberapa reaksi dari kita ketika mendengar hal tersebut. Well, orang ini adalah salah satu contoh nyatanya… kenalan yuk!:-)

Bowo Nurcahyo, merupakan salah satu lulusan BIOLOGI MURNI yang berkonsentrasi di bidang bioteknologi dan saat ini bekerja di Puslabfor POLRI. Beliau menyelesaikan S1 dan S2 nya di Biologi Murni jurusan Cannabis Marker.

size0     bowo-nurcahyo-presentasi-ganja1

Ternyataaa…. banyak loch sarjana Biologi Murni yang bekerja di sana… (^_^). Berikut adalah ruang lingkup ilmu biologi di laboratorium forensik :

  1. Dokumen, uang palsu dan produk cetak
  2. Toksikologi (dengan konsentrasi ilmu biokimia, mikrobiologi dan anatomi hewan)
  3. Lingkungan (dengan konsentrasi ilmu ekologi)
  4. Pembunuhan (dengan konsentrasi ilmu anatomi dan ekofisiologi hewan)
  5. Pemerkosaan (dengan konsentrasi ilmu histologi dan anatomi hewan)
  6. Narkoba dan psikotropika (dengan konsentrasi ilmu taksonomi tanaman dan biokimia)
  7. Pemalsuan produk (dengan konsentrasi ilmu mikrobiologi dan biokimia)

2. QUALITY CONTROL, QUALITY ASSURANCE, dan RESEARCH & DEVELOPMENT

Lulusan Biologi murni merupakan basic ilmu yang paling dicari oleh badan pemerintah seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) seperti dibawah ini :

images         inkubator bio hidro 1

Nt8WYqBr5u   manado_hut_bpom1213_1

Selain itu lulusan Biologi Murni juga dapat memiliki karier dan prospek kerja yang cerah di beberapa perusahaan swasta sebagai berikut :

0907597-nestle-p  F2A33CB1-8726-453B-8533-38FF226BF977  Logo_Cmpi36

Teman-teman pasti tahu donk produk-produk dari perusahaan tersebut???…. (^_^)…. (apalagi yang terakhir… hehe .. nomnom..). Nahhh….., kalau teman-teman kuliah di jurusan Biologi Murni, teman-teman bisa jadi “orang penting” di perusahaan tersebut. Karena, ditangan kalianlah produk-produk baru akan tercipta, dan pastinya menguntungkan bagi persaingan bisnis perusahaan tersebut. Ilmu dasarnya ituloh seputar bab BIOTEKNOLOGI yang kita pelajari kalau di SMA :-)

Informasi tentang Lowongan Kerjanya tentu saja tidak se-vulgar seperti info lowongan kerja lain yang bisa kita temukan banyak sekali di media massa secara terbuka. Kebanyakan justru, info lowongan kerja langsung dari badan pemerintahan dan perusahaan-perusahaan tersebut ke Universitas yang memiliki program studi terkait.

Jadi, emang gak banyak orang awam tahu, karena tentunya perusahaan tersebut menginginkan calon tenaga kerja yang kompeten di bidangnya atas rekomendasi PTN terkait. Ada juga loh perusahaan swasta tersebut yang mengadakan Program Penghargaan bagi Peneliti Unggul Bidang Penganekaragaman Pangan seperti di bawah ini :

Indoffod-offer

Ok, sekian dulu ulasan kali ini,,,Semoga menambah wawasan kita tentang jurusan-jurusan PTN yang sangat potensial di masa yang akan datang Jangan lupa ikuti kupasan tentang ‘Jurusan Biasa’..Prospeknya ‘LUAR BIASA’ (part4) selanjutnya yaahh… \(^_^)/

hclogomf

NB : bagi teman-teman yang mau request tentang ulasan jurusan tertentu, bisa request di blank comment yah.. KLIK pojok kanan atas.. :-)

sumber :  iik.ac.id ; bio.its.ac.id ; army.mil ; aakuntoa.wordpress.com ; panhalal.com ; biologi.lipi.go.id ; pom.go.id ; sciencebiotech.net

Comments
  1. shafiradhani says:

    wah alhamdulillah, postingannya bs lebih memantapkan saya yg baru kuliah di Biologi murni – UNDIP. awalnya diragukan sm orang2 sekitar, tp klo ada bukti nyata soal itu, jd bs lbh ngasih tau orang buat tdk meremehkan saya :)

  2. Nisa Rachmawati says:

    Terima kasih atas infonya :) sangat membantu dan semakin memantapkan saya :D

  3. marlina says:

    izin share ya mbak,,,
    mau nagsih tau tmen saya yang lagi ragu buat ngambil jurusan biologi murni

  4. meandbiology says:

    Alhamdulillah….Mudah2an ada manfaatnya buat Jun…. Insya Allah dipermudah, SEMANGAT !! (^_^)9

  5. bio4 says:

    informasinya sangat bagus…masih banyak aspek yg bisa dibahas u mengubah paradigma…semua butuh proses g ada yg instan…semoga adik2 yg memilih biologi murni bs lebih optimis melihat peluang….

  6. milla shin says:

    makasih yah ka,jagi makin semangat nih di bologi murni..meski laporannya banyak heheh

  7. -Anonymous- says:

    boleh boleh masuk biologi murni wkwkwkwkwk minat nih hhhhh \ :v /

  8. makasih infonya kak..
    aku dah ktrima di bio UGM..
    tinggal registrasii..
    doakan ya kak.. ^_^

  9. joti says:

    Min masi gak ngrti ni tentang bio murni???jd klw kita mw pilih fakul di univer yg kita inginkan jd kita plih bio mna ??kn gak ada itu dipilhan fakultas bio murni?yg ada kn cma f.bio,atw f.pendidikan bio

  10. Devie C says:

    jurusan biologi murni ini apakah akan ada materi kuliah membelah hewan ?
    say takut kak untuk membelah hewan…bagaimana ya?
    saya udah diterima di jurusan biologi UNIB…tapi saya takut banget nngak bisa ngejalaninya…:(

  11. AJI PRAMONO says:

    Alhamdulillah sya kterima di prodi Biologi murni UM kak :-). Doakan sya sukses kak :-).Aamiin
    Mantap blognya.Btw k’k jg di FMIPA Bio ya ?

  12. Arom says:

    beneran ndak susah ya kak? aku lg btuh motivasi kak . .hehe soalnya bio in ak lolos di pilihan ketiga alias plg buncit :D

  13. kak Donaaa. saya jd pindah ke laman biologi murni nih, soalnya Alhamdulillah saya lolos Biologi IPB :D
    tp saya masih bingung kak, antara milih D3 Analis kimia atau S1 Biologi. kakak bisa bantu milihin? hehe
    saya 22nya minat kak.
    makasih banyak kak:D

    • meandbiology says:

      Alhamdulillah, Congrats yha Restiiii…\(^_^)/ kl srn sy mah ya pasti S1 BIOLOGI, udahlah jenjangnya lgs S1,penjurusannya ntr lebih luas n byk pilihan sesuai minat km ntr,,,hehe…(^_^)7kalo masalah analis kimia mah di Bio jg ada biokimia, lebih kayak ilmu lho…km ntr jg bs ambil konsentrasi ke arah sana…

  14. surya says:

    wew kerenn tulisannya,jadi tambah gambaran nihh….. allhamdullilah saya diterima SBMPTN jurusan BIO di UB…

  15. Fanty says:

    kalo biosains masih belajar fisika kimia ya min?

  16. siska melani says:

    welcome dek tika di biologi undip :D Saya angkatan 2012

  17. tika says:

    good article! buat nambah semangat di mipa biologi :D yeeeey

  18. saladin says:

    sangat membantu , terimakasih kak.^-^

  19. Heri says:

    kalau agronomi gmana kak prospeknya?
    trus waktu SBMPTN aku juga pgen biologi,
    urutan pil. yg bener gmana? 1 agro , 2 bio ato gimana?

  20. Tia says:

    tahun ini aku lolos snmptn jurusan biologi undip :)) bismillah semoga seterusnya lancar :) biologi ga susah kan kak? :D

  21. shafiradhani says:

    wahhh berguna bgt buat aku yg ketrima SNMPTN bidang Biologi murni :)

  22. Rifka says:

    Bisa bahas teknologi pangan gak ? Thanks =))

  23. Yuni Agustina says:

    kak, kalo cewek ambil fisika murni itu ntar nyari kerjanya susah nggak >

    • meandbiology says:

      hari giniiii?? gak ada diskriminasi gender yuni..:-), asalkan kamu qualified dan punya skill yang mumpuni di bidang itu.
      sekitar 20% kerja di Perguruan Tinggi; 20% kerja di Lembaga Penelitian seperti LIPI, LAPAN, BPPT; 60% kerja di BUMN dan perusahaan swasta seperti CALTEX, ASTRA, Sclumbeger, UNION OIL, dll (sumber : forumsains.com)

  24. Erza says:

    Terima kasih atas infonya :) sangat bermanfaat

  25. bisa tolong ulas tentang prospek kerja kimia murni? thanks:)

  26. meandbiology says:

    Jika ada pertanyaan, silahkan share disini…terima kasih… Salam Semangat.. \(^_^)/

    • fiam says:

      aku keterima di biologi ugm.. jadi adek kelas nih kayanya :D

      • meandbiology says:

        Alhamdulillah…yeeeaayyy….hehe… \(^_^)9… kalo tertarik ntr Kelompok Studi nya pilih KSH (Kelompok Studi Herpetologi) yhaa.. soalnya kk juga dulu Dewan Senior Serpentes disana..hehe (promosi).. keep in touch, fiam.. sampai jumpa di Group or milist kabiogama atau KSH… SEMANGAT!

    • sesya says:

      kaak.. aku mw ikut jalur mndiri nnti..pengennya aku mw ngmbil keperawatan… tapi.. kata ibu.. biologi murni juga bagus.. apalagi bru di buka di univ yg ada di kotaku.. gmna nih kak ?susah ga ? aku ga pengen ngecewain ibu lagi kak.. mohon bntuannya

      • meandbiology says:

        BIOLOGI murni bagus kok, Sesya… kalo kamu tahu, diluar negeri, ilmu murni malah dihargai oleh mereka, kamu juga ntar bisa apply beasiswa kesana.. yakinlah… selama ortu gak diktator dan logis alasannya, rekomendasi ibumu itu baik sekali, Insya Allah ada rejeki dan jalan sukses mu di sana ditambah dapat restu dari ibu.. Bismillah… Yakin! \(^_^)9

What Do You think ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s