Makara UI

Salam SEMANGAT … \(^_^)/

Holaaa … Apa kabar teman-teman ? Sudah finalisasi SNMPTN ?, tapi masih ‘penasaran’ sama UI ?

Ok, buat teman-teman yang lagi dan masih berjuang buat masuk UI, bisa kok dengan jalur PPKB UI Tahun 2013/2014.

Kita cek yuk infonya … :-)

Apa itu PPKB UI ??

PPKB atau Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar merupakan jalur masuk berdasarkan nilai raport/prestasi akademik untuk program pendidikan S1 Paralel dan Vokasi.

  • Hanya sekolah yang dapat undangan dari UI yang bisa merekomendasikan siswanya mendaftar di program ini
  • Hanya siswa yang berprestasi yang direkomendasikan oleh sekolah (50% terbaik di sekolah)
  • Siswa yang dapat direkomendasikan mengikuti program ini adalah siswa yang akan lulus 2013
  • S1 Paralel  tidak mengenal pembatasan tahun kelulusan
Bagaimana Jadwal Pelaksanaan PPKB UI ??
Kegiatan Tanggal
Periode pendaftaran online PPKB 13 Februari 2013 – 31 Maret 2013
Periode pembayaran biaya pendaftaran 13 Februari 2013 – 31 Maret 2013
Periode upload berkas persyaratan 13 Februari 2013 – 31 Maret 2013
Pengumuman hasil seleksi masuk jalur PPKB 28 Mei 2013
Bagaimana Tahapan Pendaftaran PPKB UI ??

Kepala Sekolah

  • Mengisi data sekolah
  • Mengisi data siswa yang akan diusulkan ikut seleksi PPKB (Siswa IPA yang ingin memilih Program Studi IPS, tetap mengisi formulir IPA)
  • Mengisi daftar nilai siswa untuk semester 1 – 5
  • Memberikan nomor pendaftaran dan password kepada siswa yang bersangkutan (didapatkan pada tahap 2)

Siswa

  • Memilih program studi yang diminati (hanya boleh 1 program studi saja, sesuai dengan jurusan IPA/IPS)
  • Mengisi formulir pendaftaran untuk siswa
  • Mengunggah foto peserta berukuran 400 × 600 pixel
  • Membayar biaya pendaftaran Rp. 500.000 per siswa, menggunakan nomor pendaftaran PPKB
  • Meng-upload dokumen kelengkapan pendaftaran (seluruhnya digabung dalam satu file format PDF)
    • Hasil scan rapor: halaman data diri, halaman kelas 10, 11, dan 12 yang telah dilegalisasi (semester 1-5)
    • Hasil scan surat pernyataan yang ditulis tangan berisi penjelasan mengapa memilih program studi di atas
    • Hasil scan bukti prestasi akademik (jika ada)

Proses Seleksi

Kami hanya akan memproses jika data pendaftaran terisi lengkap dan setiap siswa yang diusulkan telah membayar biaya pendaftaran. Proses seleksi dilakukan berdasarkan performance sekolah (prestasi alumninya di UI) dan kuota dari masing-masing program studi.

Syarat Pendaftaran Ulang

  • Lulus SMA
  • Lulus Ujian Nasional/A Level/IB Diploma

Biaya Pendidikan melalui PPKB UI 2013/2014

  • Untuk Biaya Pendidikan S1 Paralel Tahun 2013/2014 => (dapat dilihat biaya paralel masing-masing prodi pada tabel di bawah)
  • S1 Paralel membayar penuh sesuai dengan biaya yang tercantum, tidak memiliki hak mengajukan fasilitas beasiswa dan Sistem Biaya Pendidikan Berkeadilan
  • DP (Dana Pengembangan) = dibayarkan hanya pada semester 1 tahun akademik pertama
  • BOP (Biaya operasional) = dibayarkan setiap semester
sumber : simak.ui.ac.id; penerimaan.ui.ac.id; forum.penerimaan.ui.ac.id; kesma bem ui
Apa saja Daftar Program Studi VOKASI (D3)  yang bisa dipilih ??

Daftar Program Studi yang dapat dipilih oleh siswa dari jurusan sbb :

Jurusan Program Studi Daya Tampung DP BOP
Administrasi Perkantoran Adm. Perkantoran & Sekretari 32 6,500,000 7,500,000
Akomodasi Perhotelan Akomodasi Perhotelan 48 6,500,000 7,500,000
Akuntansi Akuntansi Keuangan 36 6,500,000 7,500,000
Akuntansi Sektor Publik 18 6,500,000 7,500,000
Akuntansi Teknologi Sistem Informasi 18 6,500,000 7,500,000
Analisis Kesehatan Perumahsakitan 64 6,500,000 8,500,000
Fisioterapi 32 6,500,000 8,500,000
Okupasi Terapi 20 6,500,000 8,500,000
Farmasi Perumahsakitan 64 6,500,000 8,500,000
Fisioterapi 32 6,500,000 8,500,000
Okupasi Terapi 20 6,500,000 8,500,000
Jasa Boga Pariwisata 48 6,500,000 7,500,000
Kimia Analisis Perumahsakitan 64 6,500,000 8,500,000
Fisioterapi 32 6,500,000 8,500,000
Okupasi Terapi 20 6,500,000 8,500,000
Multimedia Komunikasi Hubungan Masyarakat 20 6,500,000 7,500,000
Komunikasi Penyiaran 20 6,500,000 7,500,000
Komunikasi Periklanan 20 6,500,000 7,500,000
Patiseri Pariwisata 48 6,500,000 7,500,000
Pemasaran Perumahsakitan 64 6,500,000 8,500,000
Adm. Asuransi dan Aktuaria 16 6,500,000 7,500,000
Adm. Keuangan dan Perbankan 32 6,500,000 7,500,000
Adm. Perkantoran dan Sekretari 32 6,500,000 7,500,000
Adm. Perpajakan 48 6,500,000 7,500,000
Perbankan Adm. Keuangan dan Perbankan 32 6,500,000 7,500,000
Persiapan Grafika Komunikasi Hubungan Masyarakat 20 6,500,000 7,500,000
Komunikasi Penyiaran 20 6,500,000 7,500,000
Komunikasi Periklanan 20 6,500,000 7,500,000
Produksi Grafika Komunikasi Hubungan Masyarakat 20 6,500,000 7,500,000
Komunikasi Penyiaran 20 6,500,000 7,500,000
Komunikasi Periklanan 20 6,500,000 7,500,000
Rekayasa Perangkat Lunak Akuntansi Teknologi Sistem Informasi 18 6,500,000 7,500,000
Seni Karawitan Pariwisata 48 6,500,000 7,500,000
Seni Tari Pariwisata 48 6,500,000 7,500,000
Teknik Audio-Video Komunikasi Hubungan Masyarakat 20 6,500,000 7,500,000
Komunikasi Penyiaran 20 6,500,000 7,500,000
Komunikasi Periklanan 20 6,500,000 7,500,000
Teknik Komputer dan Jaringan Akuntansi Teknologi Sistem Informasi 18 6,500,000 7,500,000
Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian Komunikasi Hubungan Masyarakat 20 6,500,000 7,500,000
Komunikasi Penyiaran 20 6,500,000 7,500,000
Komunikasi Periklanan 20 6,500,000 7,500,000
Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio Komunikasi Hubungan Masyarakat 20 6,500,000 7,500,000
Komunikasi Penyiaran 20 6,500,000 7,500,000
Komunikasi Periklanan 20 6,500,000 7,500,000
Usaha Perjalanan Wisata Pariwisata 48 6,500,000 7,500,000
Pariwisata 48 6,500,000 7,500,000
Jurusan IPA

Daftar program studi yang dapat dipilih oleh siswa dari jurusan IPA :

Jurusan Program Studi Daya Tampung DP BOP
 IPA Perumahsakitan 64 6,500,000 8,500,000
 IPA Fisioterapi 32 6,500,000 8,500,000
 IPA Okupasi Terapi 20 6,500,000 8,500,000
 IPA Akuntansi Keuangan 36 6,500,000 7,500,000
 IPA Akuntansi Sektor Publik 18 6,500,000 7,500,000
 IPA Akuntansi Teknologi Sistem Informasi 18 6,500,000 7,500,000
 IPA Manajemen Inormatika dan Dokumen (MID) 32 6,500,000 7,500,000
 IPA Komunikasi Hubungan Masyarakat 20 6,500,000 7,500,000
 IPA Komunikasi Penyiaran 20 6,500,000 7,500,000
 IPA Komunikasi Periklanan 20 6,500,000 7,500,000
 IPA Adm. Asuransi dan Aktuaria 8 6,500,000 7,500,000
 IPA Adm. Keuangan dan Perbankan 16 6,500,000 7,500,000
 IPA Adm. Perkantoran dan Sekretari 16 6,500,000 7,500,000
 IPA Adm. Perpajakan 24 6,500,000 7,500,000
 IPA Pariwisata 24 6,500,000 7,500,000
Jurusan IPS

Daftar program studi yang dapat dipilih oleh siswa dari jurusan IPS :

Jurusan Program Studi Daya Tampung DP BOP
 IPS Perumahsakitan 64 6,500,000 8,500,000
 IPS Akuntansi Keuangan 36 6,500,000 7,500,000
 IPS Akuntansi Sektor Publik 18 6,500,000 7,500,000
 IPS Akuntansi Teknologi Sistem Informasi 18 6,500,000 7,500,000
 IPS Manajemen Informatika dan Dokumen (MID) 32 6,500,000 7,500,000
 IPS Komunikasi Hubungan Masyarakat 20 6,500,000 7,500,000
 IPS Komunikasi Penyiaran 20 6,500,000 7,500,000
 IPS Komunikasi Periklanan 20 6,500,000 7,500,000
 IPS Adm. Asuransi dan Aktuaria 16 6,500,000 7,500,000
 IPS Adm. Keuangan dan Perbankan 32 6,500,000 7,500,000
 IPS Adm. Perkantoran dan Sekretari 32 6,500,000 7,500,000
 IPS Adm. Perpajakan 48 6,500,000 7,500,000
 IPS Pariwisata 48 6,500,000 7,500,000
 
ket : DP = Dana Pengembangan; BOP = Biaya Operasional
Apa saja Daftar Program Studi S1 PARALEL yang bisa dipilih ??
Jurusan IPA

Daftar program studi yang dapat dipilih oleh siswa dari jurusan IPA : (untuk melihat BIAYA PENDIDIKAN, silahkan KLIK KANAN pada masing-masing Prodi)

No. Program Studi Program Pendidikan Daya Tampung
MATEMATIKA & ILMU PENGETAHUAN ALAM
1. Matematika S1 Paralel 20
2. Fisika S1 Paralel 20
3. Biologi S1 Paralel 20
4. Geografi S1 Paralel 20
5. Kimia S1 Paralel 28
TEKNIK
6. Teknik Industri S1 Paralel 20
7. Teknik Metalurgi & Material S1 Paralel 20
8. Teknik Sipil S1 Paralel 20
9. Teknik Mesin S1 Paralel 20
10. Teknik Kimia S1 Paralel 20
11. Arsitektur S1 Paralel 12
12. Teknik Elektro S1 Paralel 20
HUKUM
13. Ilmu Hukum S1 Paralel 80
EKONOMI
14. Akuntansi S1 Paralel 40
ILMU PENGETAHUAN BUDAYA
15. Ilmu Perpustakaan S1 Paralel 16
16. Sastra Cina S1 Paralel 8
17. Sastra Arab S1 Paralel 12
18. Sastra Jepang S1 Paralel 20
19. Sastra Inggris S1 Paralel 16
20. Sastra Perancis S1 Paralel 12
21. Sastra Jerman S1 Paralel 16
22. Sastra Belanda S1 Paralel 20
23. Bahasa dan Kebudayaan Korea S1 Paralel 8
PSIKOLOGI
24. Psikologi S1 Paralel 20
ILMU SOSIAL & ILMU POLITIK
25. Ilmu Politik S1 Paralel 20
26. Kriminologi S1 Paralel 28
27. Ilmu Komunikasi S1 Paralel 30
28. Ilmu Administrasi Fiskal S1 Paralel 16
29. Ilmu Administrasi Negara S1 Paralel 16
30. Ilmu Administrasi Niaga S1 Paralel 16
ILMU KOMPUTER
31. Sistem Informasi S1 Paralel 12
32. Ilmu Komputer S1 Paralel 12
FARMASI
33. Farmasi S1 Paralel 32
Jurusan IPS

Daftar program studi yang dapat dipilih oleh siswa dari jurusan IPS : (untuk melihat BIAYA PENDIDIKAN, silahkan KLIK KANAN pada masing-masing Prodi)

No. Program Studi Program Pendidikan Daya Tampung
HUKUM
34. Ilmu Hukum S1 Paralel 80
EKONOMI
35. Akuntansi S1 Paralel 40
ILMU PENGETAHUAN BUDAYA
36. Ilmu Perpustakaan S1 Paralel 16
37. Sastra Cina S1 Paralel 8
38. Sastra Arab S1 Paralel 12
39. Sastra Jepang S1 Paralel 20
40. Sastra Inggris S1 Paralel 16
41. Sastra Perancis S1 Paralel 12
42. Sastra Jerman S1 Paralel 16
43. Sastra Belanda S1 Paralel 20
44. Bahasa dan Kebudayaan Korea S1 Paralel 8
PSIKOLOGI
45. Psikologi S1 Paralel 20
ILMU SOSIAL & ILMU POLITIK
46. Ilmu Politik S1 Paralel 20
47. Kriminologi S1 Paralel 28
48. Ilmu Komunikasi S1 Paralel 30
49. Ilmu Administrasi Fiskal S1 Paralel 16
50. Ilmu Administrasi Negara S1 Paralel 16
51. Ilmu Administrasi Niaga S1 Paralel 16
Comments
  1. denny says:

    salam kenal kak, mau nanya berarti seorang siswa dapat mendaftar snmptn dan ppkb secara bersamaan, ya kak?

  2. wahyu says:

    selain jalur simak,, ui ada jalur lain gak yang di buka untuk penerimaan mahasiswa baru?

  3. sanij says:

    Kalo biaya pararel yang arsitektur kk tau ngga?

    • meandbiology says:

      ada di artikel Sanij..:-) Coba KLIK KANAN pada tulisan “ARSITEKTUR” yang ada di kolom “Apa saja Daftar Program Studi S1 PARALEL yang bisa dipilih ??
      Jurusan IPA”…disitu tertulis Biaya pendidikan Arsitektur Paralel => BOP = Rp. 7.500.000 dan DP = Rp. 45.000.000. Coba dicek yha…;-)

  4. bayu says:

    mau nanya nih, kalau sekarang total pendaftar ppkb ui jurusan teknik industri berapa? terimakasih

  5. arinee says:

    biaya ppkb UI memangnya mahal banget ya kak?

  6. nadiah says:

    Hallo :D
    kalo disekolah ku yang daftar psikologi ada yang anak IPA & IPS yang diprioritaskan itu anak IPA / IPS yaa? soalnya aku baca di salah satu website katanya yang diprioritaskan anak IPS. terima kasih :D

    • meandbiology says:

      Halo juga Nadiah..(^_^)/ kalo kamu liat dari forum diskusi penerimaan UI, emg yang jadi skala prioritas jurusan Psikologi adalah anak IPS dulu baru IPA nad :-)

  7. berlianty says:

    kak jumlah peserta paralel UI 2013 belum keluar yaa?

    • meandbiology says:

      Belum berlianty, kyknya kalo pengumuman jumlah pendaftar paralel UI belum pernah saya liat publikasi nya deh… tp ntr kalo saya dapet infonya sy kasih tau yhaaa…;-)

  8. soni aditia abdullah says:

    Dear Mba Meandbiology,

    Mba saya mau bertanya, bagaimana jika sekolahnya belum mendapat jalur undangan dari UI, mungkin kebanyakan karena alumni sekolah kami langsung melanjutkan ke sesama jurusan, misalnya analis kimia, namun sekarang berminat melanjutkan jurusan lain ke UI, bisakah meminta rekomendasi untuk mengikuti program PPKB atau S1 paralel?

    Untuk program tersebut apakah alumni dari sekolah kami bisa mengikutinya, karena saya baca bisa dari lulusan tahun berapa pun, untuk prosesnya bagaimana?

    Terima kasih banyak,

  9. aga says:

    biaya DP itu buat apa aja ya..
    terus selain biaya di atas ada biaya yang lain gk ya? kalo ada apa saja

    • meandbiology says:

      1. Dana Pengembangan (DP) adalah dana untuk pengembangan, pembinaan, dan peningkatan kualitas pendidikan yang ditanggung.
      2. DP wajib dibayarkan oleh mahasiswa baru program Vokasi, S1 Ekstensi, S1 Paralel, S2, S3, Profesi, dan Spesialis.
      3. DP hanya dibayarkan SATU KALI bersamaan dengan BPOP pada SEMESTER 1 TAHUN AKADEMIK PERTAMA saja.
      Semoga membantu, Aga…:-)

  10. haura usna rahmah says:

    saya anaK IPA, sy ingin daftar s1 pararel psikologi, menurut informasi dr sekolah psikologi masuk dl jalur IPS. tp menurut keterangan diatas masuk juga dlm jalur IPA, jadi yg benar mana ya?

  11. Fajar says:

    Biasanya yang keterima pararel bnyk ngga kak? Takut nih

    • meandbiology says:

      (1) Peluang keterima melalui SIMAK atau PPKB tergantung dari kemampuan akademis peserta dan tingkat persaingan masing-masing jurusan

      (2) PPKB Vokasi, PPKB S1 Paralel, dan Talent Scouting prosentase alokasi daya tampung adalah 40% dan SIMAK UI 60%

      (3) Kuota penerimaan Maba UI => SNMPTN + SBMPTN + MANDIRI = 50% + 30% +20% = (2200 kursi) + (1275 kursi) + (775 kursi) = 100% (4250 kursi)

      (4) jadi dari kuota MANDIRI => 775 kursi = (PPKB Vokasi+S1 PARALEL+Talent Scouting) + SIMAK UI = 40% + 60% = (310 kursi) + (465 kursi)

      (5) jadi jatah PPKB Vokasi, PPKB S1 Paralel, Talent Scouting = 310 kursi …. Naaahhh… tinggal bayangin aja tingkat persaingannya…hehe…

      (6) FYI, tahun lalu UI akan memproses yang SNMPTN dulu, baru kalo gak lolos, liat yang PPKB

      sumber : (1),(2),(6) = http://www.forum.penerimaan.ui.ac.id;
      (3),(4),(5) = analisa dari http://www.tribunnews.com
      (Ketua Penerimaan Maba UI : Emil Budiyanto)

      Gituuu … Fajar….btw, TETAP SEMANGAT yhaa… \(^_^)/

  12. kiki says:

    Daftar program studi vokasi ada ga ?
    Apa ppkb itu khusus untuk s1 paralel saja ?

    • meandbiology says:

      (1) PPKB UI 2013 bisa untuk S1paralel dan Vokasi.
      (2) jalur masuk Vokasi UI bisa lewat PPKB (jadwal daftar : 13 Feb – 31 Maret 2013) dan SIMAK UI (jadwal daftar : 9-31 Mei 2013)
      (3) DAFTAR PRODI VOKASI PPKB UI udah saya re-upload ya ki… (file diatas dah saya update).. (^_^)

  13. xiao says:

    scan rapor posisinya horizontal atau vertikal ka?

What Do You think ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s