Cara Pemilihan Program Studi SBMPTN 2013

Posted: March 17, 2013 in INFO PENDIDIKAN
Tags: , , , , , , , , ,

logo_sbmptn

Salam SEMANGAT … \(^_^)/

Teman-teman pasti sudah baca donk tentang ALL ABOUT SBMPTN 2013 ?? :-)

Ternyata ada yang masih belum ‘ngeh‘ dengan tata cara pemilihan Program Studi nya… Naahh… kali ini saya akan bahas tentang pemilihan Program Studi di SBMPTN. MarKiCaa… (=Mari Kita Baca)… (^0^)

Ada Berapa Kelompok Program Studi yang Bisa Dipilih ?

Ada 2 Kelompok Program Studi, yaitu :

  1. Prodi SAINTEK  (Sains dan Teknologi) => dulu……. namanya Prodi IPA
  2. Prodi SOSHUM  (Sosial dan Humaniora) => dulu……. namanya Prodi IPS

Ada Berapa Kelompok Ujian ?bingung

Ada 3 Kelompok Ujian, yaitu :

  1. Kelompok Ujian SAINTEK => dulu……. namanya Kelompok Ujian IPA
  2. Kelompok Ujian SOSHUM => dulu…….. namanya Kelompok Ujian IPS
  3. Kelompok Ujian CAMPURAN => dulu……. namanya Kelompok Ujian IPC

Ada berapa Jumlah Prodi PTN yang bisa dipilih ?

Baik Kelompok Ujian SAINTEK, SOSHUM, maupun CAMPURAN maksimal bisa pilih 3 Prodi PTN, rinciannya :

  1. Kelompok Ujian SAINTEK = max 3 Prodi SAINTEK
  2. Kelompok Ujian SOSHUM = max 3 Prodi SOSHUM
  3. Kelompok Ujian CAMPURAN = max 3 Prodi campuran dari Prodi SAINTEK dan SOSHUM

Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul ?

1. Apakah urutan pemilihan Prodi HARUS berdasarkan tingkat keketatan atau besaran passing grade ?

  • TIDAK. Urutan pemilihan Prodi berdasarkan SKALA PRIORITAS kamu. Misalnya, kita memilih prodi (1) Kedokteran (2) Ilmu Komunikasi dan Manajemen pada Kelompok Ujian CAMPURAN. Artinya, prioritas kita adalah menembus seleksi pada prodi Kedokteran. Jika tidak lulus di pilihan pertama, maka nilai kita akan diikutsertakan dalam seleksi di pilihan kedua, dan seterusnya.

2. Apakah pemilihan kelompok ujian harus sesuai dengan jurusan saat di SMA/SMK ?

  • TIDAK. Peserta SBMPTN dapat memilih kelompok ujian apa saja, walaupun tidak sesuai dengan jurusan saat di SMA. Misalkan :
  1. Wawan sekolah SMK, jurusan Teknik Komputer & Jaringan => pilih Kelompok Ujian Soshum  => (BOLEH)
  2. Putri sekolah SMA, jurusan IPA => pilih Kelompok Ujian Campuran => (BOLEH)
  3. Anto sekolah SMA, jurusan IPS => pilih Kelompok Ujian Saintek => (BOLEH) 

3. Contoh pilihan prodi dimana 1 PTN cuma 1 Prodi ?

Misalnya : Rahmadi asal sekolahnya SMAN 6 Surabaya mau masuk UI, UNDIP, UNAIR dan/atau UNHAS. Ia bingung mau tes di Jakarta (Wilayah I), Semarang (Wilayah II), tes di Surabaya (Wilayah III) atau tes di Makassar (Wilayah IV) ,,,,,,,,,,,, jika pilihannya sbb :

  • contoh pilihan 1 => tes di Surabaya atau Makassar atau Semarang => (BOLEH)
  1. Kesehatan Masyarakat UNAIR   (Wilayah III)
  2. Pendidikan Dokter UNHAS         (Wilayah IV)
  3. Ilmu Gizi UNDIP                            (Wilayah II)
  • contoh pilihan 2 => tes di Surabaya => (TIDAK BOLEH) => pilihan prodi PTN tidak ada yang di Wilayah III padahal kalo tes di Surabaya termasuk Wilayah III
  1. Kesehatan masyarakat UI             (Wilayah I)
  2. Pendidikan Dokter UNHAS          (Wilayah IV)
  3. Ilmu GIZI UNDIP                           (Wilayah II)

kartun-chatting-facebook4. Contoh pilihan prodi dimana 1 PTN bisa lebih dari 1 Prodi ?

Misalnya : Anita asal sekolahnya SMAN 78 Jakarta Barat mau masuk UGM dan/atau UI. Ia bingung mau tes di Jakarta (Wilayah I) atau tes di Yogyakarta (Wilayah II),,,,,,,, jika pilihannya sbb :

  • contoh pilihan 1 => tes di Yogyakarta => (BOLEH)
  1. Kedokteran UGM                        (Wilayah II)
  2. Farmasi UGM                              (Wilayah II)
  3. Biologi UGM                                (Wilayah II)
  • contoh pilihan 2 => tes di Jakarta => (TIDAK BOLEH) => pilihan prodi PTN tidak ada yang di Wilayah I padahal kalo tes di Jakarta termasuk Wilayah I
  1. Kedokteran UGM                        (Wilayah II)
  2. Farmasi UGM                              (Wilayah II)
  3. Biologi UGM                                (Wilayah II)
  • contoh pilihan 3 => tes di Yogyakarta atau Jakarta => (BOLEH)
  1. Kedokteran UGM                       (Wilayah II)
  2. Farmasi UGM                             (Wilayah II)
  3. Kimia UI                                      (Wilayah I)
  • contoh pilihan 4 => tes di Yogyakarta => (BOLEH)
  1. Kedokteran UGM                       (Wilayah II)
  2. Farmasi UGM                             (Wilayah II)
  • contoh pilihan 5 => tes di Jakarta => (TIDAK BOLEH) => pilihan prodi PTN tidak ada yang di Wilayah I padahal kalo tes di Jakarta termasuk Wilayah I
  1. Kedokteran UGM                       (Wilayah II)
  2. Farmasi UGM                             (Wilayah II)
  • contoh pilihan 6 => tes di Yogyakarta atau Jakarta => (BOLEH)
  1. Kedokteran UGM                       (Wilayah II)
  2. Kimia UI                                       (Wilayah I)

kartun3

Apakah asal sekolah dan alumni memperbesar peluang diterima di PTN tertentu?

  • TIDAK. Indikator tersebut dapat terjadi pada SNMPTN, tapi tidak pada SBMPTN.
  • Asal sekolah gak dilihat, yang dilihat adalaaahhhh…. tempat tes yang dipilih

Apakah di SBMPTN ada jatah Kuota untuk alumni ?

  • TIDAK. Dalam SBMPTN tidak ada Kuota tertentu untuk alumni. SBMPTN terbuka untuk tahun lulusan 2011, 2012, 2013

Apakah nilai UN berpengaruh di penerimaan SBMPTN ?

  • TIDAK. Di SBMPTN sudah tidak ada lagi urusannya dengan nilai rapot ataupun nilai UN, yang penting dia udah Lulus UN
  • Jadi, diterima atau gak nya berdasarkan Hasil Tes Tertulis dan Hasil Tes Keterampilan (kalo dia pilihProdi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan)
  • Nilai terbaiklah yang akan diterima SBMPTN sesuai dengan jumlah kursi di Prodi PTN tersebut
  • So….. persaingan tentunya semakin ketat !…. prepare yourself yhaa… \(^_^)9

 

Ada berapa Pembagian Wilayah dan PTN apa saja diwilayah tersebut?

WILAYAH I
Kode PTN Nama Perguruan Tinggi Wilayah I Nama Panlok Kode Panlok
11 UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH 11
12 UNIVERSITAS MALIKUSSALEH LHOKSEUMAWE 12
14 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN MEDAN UNIMED 14
15 UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN USU 15
17 UNIVERSITAS NEGERI PADANG PADANG 17
18 UNIVERSITAS ANDALAS PADANG 17
19 UNIVERSITAS RIAU PEKANBARU 19
20 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM PEKANBARU 19
21 UNIVERSITAS JAMBI JAMBI 21
22 UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI BOGOR 33
23 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG 23
24 UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG BOGOR 33
25 UNIVERSITAS BENGKULU BENGKULU 25
27 UNIVERSITAS LAMPUNG LAMPUNG 27
30 UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA JAKARTA 30
31 UNIVERSITAS INDONESIA JAKARTA 30
32 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI JAKARTA JAKARTA 30
33 INSTITUT PERTANIAN BOGOR BOGOR 33
34 UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG 34
35 INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG BANDUNG 34
36 UNIVERSITAS PADJADJARAN BANDUNG 34
37 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG 34
38 UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA BANTEN 38
71 UNIVERSITAS TANJUNG PURA PONTIANAK 71
WILAYAH II
Kode PTN Nama Perguruan Tinggi Wilayah II Nama Panlok Kode Panlok
41 UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO 41
42 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG SEMARANG 42
43 UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 42
44 UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 44
45 IAIN WALISONGO SEMARANG 42
46 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA YOGYAKARTA 46
47 UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 46
48 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 46
WILAYAH III
Kode PTN Nama Perguruan Tinggi Wilayah III Nama Panlok Kode Panlok
50 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA SURABAYA 50
51 INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA 50
52 UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA 50
53 UNIVERSITAS TRUNOJOYO SURABAYA 50
54 IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA 50
55 UNIVERSITAS NEGERI MALANG MALANG 55
56 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 55
57 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG MALANG 55
58 UNIVERSITAS JEMBER JEMBER 58
63 UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR 63
64 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA 64
65 UNIVERSITAS MATARAM MATARAM 65
66 UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG 66
73 UNIVERSITAS PALANGKARAYA PALANGKARAYA 73
75 UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN 75
77 UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA 77
78 UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN SAMARINDA 77
WILAYAH IV
Kode PTN Nama Perguruan Tinggi Wilayah IV Nama Panlok Kode Panlok
80 UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR MAKASSAR UNM 80
81 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR UNM 80
82 UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR UNHAS 82
83 UNIVERSITAS TADULAKO PALU 83
84 UNIVERSITAS HALUOLEO KENDARI 84
85 UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO GORONTALO 85
86 UNIVERSITAS NEGERI MANADO TONDANO 86
87 UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO 87
93 UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON 93
94 UNIVERSITAS CENDERAWASIH JAYAPURA 94
95 UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE 95
96 UNIVERSITAS NEGERI PAPUA MANOKWARI 96
98 UNIVERSITAS MUSAMUS MERAUKE MERAUKE 98

Kalo mau tanya tentang SBMPTN kemana ya ? TELEPHONE

Informasi resmi tentang SBMPTN bisa menghubungi :

  • Via Twitter      = @PanitiaSBMPTN
  • Via Facebook  = PanitiaSBMPTN
  • Via Website     = HALO SBMPTN 2013
  • Via call center = 0804-1-456-456
  • Via Kantor Panitia SBMPTN   = Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl. Tamansari No.64 Bandung 40116
  • Via No.telp/Fax Panitia SBMPTN = (022) 2530689
  • Via Email Panitia SBMPTN     = panitia@sbmptn.ac.id

ALBERT-EINTEIN-KARTUNINGAT !!!

Sebelum kita nentuin pilihan Prodi, pastikanlah :

  1. Apakah Prodi yang diinginkan tersedia di SBMPTN ?
  2. PTN mana saja yang menyediakan Prodi tersebut?
  3. Berapa Peminat Prodi tersebut tahun lalu ?
  4. Berapa daya tampung Prodi tersebut tahun ini?

Demikian ulasan dari saya, semoga dapat sedikit membantu teman-teman dalam hal penyusunan strategi pemilihan Program Studi  pada SBMPTN 2013 mendatang.

Good Luck ! Semoga SUKSES ! Salam Semangat untuk kita semua … \(^_^)/

NB : bagi teman-teman yang punya informasi tambahan, sharing dooonk…. atau yang punya pertanyaan bisa comment di blank ‘What do You Think’ yah.. KLIK pojok kanan atas.. :-)

sumber : dikti.info; sbmptn.or.id; kampus.okezone.com; yudhadepp.blogspot.com; ishariatiz.blogspot.com; kikinnovika.blogspot.com; prasati24.blogspot.com;

About these ads
Comments
  1. febianaseran says:

    mau tanya ni, adik saya sudah lulus sbmptn di undana kupang, tpi tidak tw lulus di jurusan apa? soalnya waktu daftar itu dia pilih dua jurusan, yaitu: paud dan pgsd. yang muncul di pengumuman hanya nama dan no.ujian sja, bgmana? diblas ya….!! ……:)

  2. Ulfa Nurfalah says:

    Assalamu’alaikum..
    kak mau nanya, saya kan ikut SBMPTN 2013 dan sekarang udah ke terima di Unpad jurusan Sastra Sunda..
    saya pikir saya salah ambil jurusan..
    Kira-kira bisa ga ya pindah jurusan kak?

    • meandbiology says:

      Wslm…Waduuuhh… kalo pindah jurusan kayaknya gak bisa, Ulfa…gpp, ambil aja, trus ambil S2 seni budaya, ato pariwisata, ato filsafat…ntr bisa jadi dosen ato kerja didunia budaya dan pariwisata…. keren tuuhh… b(^_^)d

  3. pita says:

    saya ingin tanya, kan Urutan pemilihan Prodi berdasarkan SKALA PRIORITAS. Misalnya, kita memilih prodi (1) Kedokteran (2) Ilmu Komunikasi dan Manajemen pada Kelompok Ujian CAMPURAN. Artinya, prioritas kita adalah menembus seleksi pada prodi Kedokteran. Jika tidak lulus di pilihan pertama, maka nilai kita akan diikutsertakan dalam seleksi di pilihan kedua, dan seterusnya.
    masalah saya salah pilih prodi :( di UTUL UGM.
    1. FK UMUM
    2. ILMU keperawatan Gigi (seharusnya saya penegnya FK Gigi)
    3. Kimia
    nah itu gimana ya? cara proses skor kita nanti? saya takut kalo terlanjur masuk ilmu keperawatan gigi yang tidak saya harapkan :(
    kan saya browsing juga PG ilmu keperawatan gigi dan Kimia sama?

    Mohon bimbingannya.

  4. iva mardiani says:

    kak, mau tnya. pa bner klo’ dri ips d’sma, bsa mlih kdokteran asal bsa ikut test nya ? mhon bntuannya … ^^

  5. salam kax, saya mau nnya al jurusan nya nie, saya udah daftar kax n skrang baru teringat soal passing grade, kt tmn2 klulusan sbmptn ditentukan passing grade nya! wktu daftar saya milih jurusan sprti ini:
    1. kedokteran hewan (UNAIR) 33 %
    2. manajemen perairan (USU) 23 %
    3. Sastra indonesia (UNIMED) 28%
    waktu milih jurusan saya gk liat passing grade krna gak tahu.pertanyaannya,Apa bisa saya lulus kax klu sperti itu?

    • meandbiology says:

      Kalo udah terlanjur, gpp, saidani.. (^_^)7 berusahalah semaksimal mgk… mestinya lebih dari 33% kalo bisa minimal 40% . Makin besar, peluang diterima juga lebih lebar… \(^_^)/

  6. putri N.H says:

    aku ambil pendidikan seni rupa di UNY, aq jauh kak dri banjarnegara, blm dpt info yg jlas ttg ujian ktrmpilan’a gmna, 2hr sblm’a jg ujian tulis dlu di purwokerto, jd g bsa liat k uny dlu, tlg bntu info’a kak :)

  7. chaca says:

    Kak apa ketentuan berpakaian untuk peserta sbmptn?thanks before

  8. putri N.H says:

    min,bleh minta informasi ttng ujian ktrampulan yg lbih detail gak? aq bingung bgt ttg plaksanaan’a.. bngung jg mw prsiapin apa aja.

  9. asa says:

    ka, maksudnya yang dilihat tempat tes, itu gimana? apakah berpengaruh sama prioritas di terima di suatu PTN?

  10. novie says:

    Kak mau nanya dong itu maksudnya yg dilihat bukan sekolah kita tp tempat tes nya gmn? Jd ngaruh tempat tes kita sama peluang kita? Trimakasih

  11. Elvira Dian Putri says:

    kak,,boleh nanya gak ,aq ikut tes sbmptn tahun ini . aqu di wilayah I ( Sumatera Utara )
    tapiplihan Ptn nya
    1. UI
    2. UGM
    3.USU
    pemilihan PTN nya dah pas gak kak __ mohon bantuannya ;)

    • meandbiology says:

      Gak ap2, boleh kok, Elvira… b(^__^)d

      • Woles says:

        tidak boleh karena syarat mengikuti ujian SBMPTN yaitu
        A. Jika peserta memilih prodi tidak lebih dari satu atau HANYA memilih satu prodi maka boleh memilih PTN dimanapun.
        B. Jika peserta memilih prodi lebih dari satu maka peserta HARUS memilih SATU (1) PTN dimana peserta mengikuti ujian.
        Contoh : Ilustrasi. Jika kamu berada diwilayah I ( MEDAN ), Maka didalam pilihan prodi/PTN kamu harus memilih PTN yang berada di Medan ( USU, UNIMED dll ).Jika pilihan prodi kamu lebih dari satu, dan jika sebaliknya jika pilihan prodi kamu hanya satu, kamu boleh memilih PTN dimanapun.

        Demikian Experience yang dapat saya shared ke kamu, Semoga dapat dimengerti dan bermanfaat yaaa… :) :D

      • meandbiology says:

        Thank you for sharing…. \(^__^)/

  12. Niniek says:

    sy di jakarta, thn depan mo ikt SBMPTN ipa : pilihan 1,2,3 fakultas di Undip semua. Berarti hrs tes di Semarang gitu ya? kalo salah satu pilihan misalnya Univ.Negeri Jakarta, baru boleh tes-nya di Jakarta begitukah? thx

    • meandbiology says:

      Kalo pilihan di UNDIP semua, ujiannya tidak harus di Semarang. Panlok lain juga boleh, seperti Yogya, asalkan masih di panlok wilayah 2. Kalo misalnya 2 UNDIP, 1 UNJ, baru bisa tes di wilayah 1, misalnya Jakarta… gitu, Niniek…:-)

  13. Haiyun Shafira says:

    Ka,, mw nanya nhi..
    Kalo misalkan saya ngambil Wilayah 1, Wilayah 3 dan wilayah 4.
    Smntara saya dri wilayah 1, boleh gg kagg?? :/

  14. zeni afrah madinah says:

    kak.. untuk ujian keterampilannya seperti apa sih??
    ada tes tulisnya juga ya?? atau tes gambar (untuk seni rupa)..??
    saya kurng mengerti.. terima kasih..

    • meandbiology says:

      Ujian keterampilan memang hanya untk prodi tertentu. Misalnya prodi olahraga, ya tesnya keterampilan fisik. Prodi seni rupa, ya tesnya keterampilan seni, ex: menggambar dll

      • zeni afrah madinah says:

        kak, saya baru saja mendaftar, td sering eror.. sampai2 harus mengulang beberapakali.. tp akhirnya udah selesai.. tp itu kak, saya g mencetak kartu nya.. udah di coba log in lagi yp ttp g bisa.. :(
        gimana kak..???

      • meandbiology says:

        Coba terus, Zeni… itu mgk bottle necking karna banyak yg ngakses…:-‘)7

  15. Naile says:

    maaf mau nanya, agak umum sih…..
    kalo ngambil sastra itu udah termasuk IPC ya ?

  16. Dimas Fiki Ramansyah says:

    Asalamualaikum ka saya mau tanya . Kan saya dah daftar nih ka’ UI, UNDIP, UNPAD tapi 3”a itu saya pilih prodi ilmu keperawatan . Apakah itu peluang’a besar atau kecil ka’ jelasin yah ka . Terima kasih

    • meandbiology says:

      Urutannya kyk gt gpp kok Dimas..(^__^)/ nah, skg tgl hasil tes SBMPTN kamu aja usahakan semaksimal mgk…karna kan nilai km mau ‘diadu’ dgn pesaingmu yg lain…SEMANGAT! \(^__^)9

  17. ka mau tany kalau background foto yang buat ndaftar sbmptn warnanya bukan merah /biru boleh gak????

  18. Virdha Audina says:

    assalammu’alaikum^^
    ka mau nanya nih, aku udah daftar sbmptn pilihan aku :
    1.UNNES pend.bhasa jepang
    2.UNTIRTA tknik kimia
    3.UNTIRTA pend.mtematika
    aku pilih panlok banten subpanlok serang buat tes’a, itu udah bener kan ka? please reply ya kaaa

  19. yuli says:

    Ka’ saya kan Pilih.y unhas semua
    Tapi panlok yg saya pilih panlok univ.negri mkasr.
    Itu gimana ka? Apa mesti harus panlok unhas juga

  20. cea says:

    kak saya mau tanyak,tpi via yahoo bisa?
    saya boleh minta alamat email kk ?
    trimakasih kak :)

  21. Kak, aku punya sdkit keraguan nih,,
    kan aku pilih :
    pilihan 1 : UNLAM (Ilmu Komputer)
    pilihan 2 : UNLAM (Teknik Sipil)
    pilihan 3 : UNPAR (Teknik Informatika)
    yg jd pilihan Utamaku di pilihan 3,,, tpi aku ikut Tesnya di Bnjarmasin. bisa ngga gtu kak, Mhon Dijawab kak…

  22. Ka saya dari CIREBON mau ngambil UGM, UNSOED, UPI, bener ga panlok nya di UNY (Jogja)
    Soal nya dptnya disitu ka, mohon di bls..

    • meandbiology says:

      ooo..bener…UGM dan UNSOED kan wilayah 2, UPI wilayah 1..sedangkan kamu tes di panlok UNY yg termasuk Wilayah 2..BETUL..udah bener, tenang aja Maullana..hehe..tgl okus belajarnya ya..SUKSES! \(^_^)9

  23. ita says:

    kenapa IAIN sunan ampel kok gak muncul di kotak pendaftaran online ya?

  24. Satria says:

    Mau tnya kak aq kan d bank mandri ngambil ips,tp waqtu aq dftar online aq ngambil ipa tnpa d sngaja..??gmn z kak??

  25. rani puspita sari says:

    kak mau tanya nih kemarin saya kan sudah beli pin ipc tapi ternyata jurusan yang saya pilih itu soshum semua kak . kemarin saya telp call center nya gakmasalah kak . tapi kok tadi saya baca ada yang beli pin lagi ya kak ? memangnya bermasalah ya kak ?

    • meandbiology says:

      Kata call center nya gak masalah gimana Rani ? Jadinya km termasuk kelompok ujian SOSHUM atau CAMPURAN? Nice info nih \(^_^)7 Ooo, yg lain beli PIN baru sekalian mau ngubah jurusan karna ada yg udah terlanjur cetak kartu,Ran…:-)

  26. nando says:

    kak saya mau tanya, saya kan pilih IPC dan saya ambil prodi nya di universitas lampung : kehutanan
    ilmu hukum
    ppkn,
    dari ketiga yg saya pilih itu urutan prioritas pilihannya salah gak kak ? mohon di jawab ya kak ?

    • meandbiology says:

      GAK kok Nando…(^_^) kalo itu emg skala prioritas kamu ya gpp…boleh2…:-)

      • nando says:

        jadi yang salah pilih dari ketiga itu ga salahkan kak urutan proiritasnya, soalnya di laman SBMPTN.OR.ID nya, kalo kita milih jangan sampe salah urutanya ? mohon d jawab lagi ya kak :)

  27. Wiar B says:

    Kak, kalau lihat passing grade terbaru alamatnya dimana ya? Terus dalam pemilihan jurusan 1 2 3 passing grade terbesar di taruh di nomer 1?

  28. Nadia A says:

    kak, aku diwilayah III. aku tes di Surabaya.. aku ambil jurusan :
    1. Psikologi Unair
    2. Kedokteran Hewan Unair
    3. Ilmu Hukum Unesa
    boleh kaya gitu kan kak?
    trus aku mau tanya.. sebaiknya yg dijadikan pilihan pertama itu yg mana? terimakasih

    • meandbiology says:

      Berarti kamu ikut KELOMPOK UJIAN CAMPURAN kan yha Nadia??:-) kalo urutan pilihan prodi mah,itu terserah skala prioritas km,Nad… data yg bs dijadikan bahan pertimbangan bisa berupa daya tampung, jumlah peminat tahun lalu, atopun keketatan atau passing grade masing2 prodi. Kalo daya tampung dan jumlah peminat bisa kamu liat lgs di ( http://www.sbmptn.or.id )

  29. alib says:

    Yang ngambil paket IPS di bank mandiri boleh ikut ujian sanintek gk??

  30. wawan says:

    kak, mau nanya dong? kan aku mau daftar di unsoed (1), unsoed (2), upi (3) tapi aku tinggalnya di bekasi. jadinya aku harus pilih panloknya di daerah mana kak? bingung nih mohon bantuaannya kak

  31. Handi says:

    Permisi,
    aku mau nanya,
    tolong bantuannya,apakah boleh memilih satu jurusan saja..
    miasal, pilihan pertama akuntansi, kedua juga akuntansi dan ketiga juga akuntansi.
    tetapi berbefda jurusan?Thank informasinya?

  32. park min mi says:

    kak aku mau tanya aku kan
    udah daftar trus udah di prin
    kartunya, tapi aku
    ngambilnya ipc. Trus aku
    mau daftar lagi ngambil
    jurusan yang sama cuma di
    soshum boleh gak ?

    Kak tolong di bales ya..

  33. amelang16 says:

    ka kan aku tes di bogor,
    aku mau pilih di ptn
    1. ui bahasa dan kebudayaan korea
    2. ugm bahasa dan kebudayaan korea
    3. sama unj bahasa dan sastra indonesia

    boleh ga ka?

  34. pingkan says:

    kak, saya tinggal di jakarta mau ambil PTN UI semua, tes nya dijakarta boleh kan ya?
    jadi :
    1. Kesmas UI
    2. Farmasi UI
    3. Teknik Kimia UI
    menurut kakak gimana? pilihan prodi itu disesuaikan prioritas kita kan ya kak? bukan tingkat keketatan?
    please jawab ya kak, galau banget nih kak T.T

  35. parkminmi96 says:

    kak aku mau tanya aku kan udah daftar trus udah di prin kartunya, tapi aku ngambilnya ipc. Trus aku mau daftar lagi ngambil jurusan yang sama cuma di soshum boleh gak ?

  36. mau nanya nih kalo pilihan ptn nya:
    undip teknik pangan
    uin jakarta perbankan syariah
    unila pend. kimia
    kira-kira bisa ngga yah?

  37. Selya says:

    Kak, mau nanya ni.
    Kira2 ada gag kemungkinan saya bisa lulus di pilihan ke’2 atau ke’3 ?
    Sedangkan setiap fakultas masing2 PTN sudah menjadi pilihan pertama ratusan atau bahkan ribuan org..
    Agak ragu ni Kak, :(

  38. Ahmad Qudsi says:

    Kk tlong d reply. . .kak aq kmaren daftar sbmptn, waktu bayar di bank, aq bayar jurusan ipc, tapi pas daftar, aq ambil soshum semua, dan kartu peserta ujianny udah jadi dan aq
    trdftar d klpk ujian soshum,,,,
    gimana itu kak kira2 bermasalh gk nanti kk??

  39. lia says:

    kak, kalo slip pembayaran yang ada KAP dan PIN hilang, tapi kartu peserta udh dicetak, gimana? KAP sama PIN itu masih dibutuhkan lg ga kak?

    • meandbiology says:

      Kalo gak salah yg dipake untuk ngecek kelulusan nanti itu adalah nomor peserta yg tercetak di kartu peserta dan tgl lahir…jadi mungkiiiin its okay…(^__^)d tapi klo ragu silahkan hubungi panitia panlok Lia yahhh…:-)

  40. Guntur says:

    kag masi bingung soal panlok nih t.t
    Saya kan anak pati (jawa tengah)
    Saya pilih :
    1. Ugm FKG
    2. Ugm teknik sipil
    3. Ugm statitiska
    Itu kalo saya panloknya di semarang boleh??
    Apa harus panlok di jogja?

    • meandbiology says:

      BOLEH kok Guntur, syaratnya kan cuma salah satu prodi dr PTN yg dipilih berada di wilayah tempat peserta ujian…kan pilihan km wilayah 2 semua, jadi boleh pilih panlok di semarang yg jg berada di wilayah 2.Boleh..boleh…:-)

  41. akbar says:

    min kok pilihan lulus ujian thun 2013nya gak bisa milih ? gpp kah klo gk diklik ya ?
    trus min kalo jurusan smk multimedia pilih jurusannya apa gak ada didaftarnya min ?
    bntuin dong all

    • meandbiology says:

      kok gak bisa? dah dicoba lagi? wah,kalo jurusan SMK saya gak terlalu ngeh, Akbar… cari yg paling mendekati aj, ato gak hubungi panloknya langsung..:-)

  42. Fikri says:

    Mau nanya kalo saya sudah beli pin ipc tapi mau ngambil prodi ipa semuanya gmn? Salah beli pin nih

    • meandbiology says:

      Waduh,mending beli PIN baru lagi aja Fikri… drpd ntr ribet urusannya,mumpung HARI INI (4 JUNI) terakhir pembelian PIN SBMPTN, kalo batas akhir pendaftaran online 7JUNI jam 22.00

  43. ar says:

    saya udah masuk web pendaftaran ujian, skrg pingin keluar dulu dari wen nya bisa gak?

  44. Fikri says:

    Mau nanya ka, klo saya udh terlanjur beli pin ipc tapi saya mau ambil prodi dan juruusanya ipa gmn ya? Tpi saya blm cetak kartu, apa bisa?

    • meandbiology says:

      pernah ada temen yg lain bayar IPC/CAMPURAN tapi pas daftar online SOSHUM/IPS…trus setelah hub. call center katanya gpp…coba km hub.call center ato panloknya dah, Fik..(^_^)7

  45. wulan says:

    Kak sya mw tnya blh G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ prodi jurusan dganti tp krtu pendaftaran udah d cetak..gmana carany agar dpt dganti.Ώ̶ƥã hrus beli pin lagi atau bagaimana?

    • meandbiology says:

      Oohh..kalo kartu udah dicetak, udah gak bisa ganti prodi lagi,kalo mau, kamu beli pin lagi dan daftar online lagi. Buruan ya wulan, batas akhir pembayaran SBMPTN hr ini (4JUNI) dan batas akhir pendaftaran online 7JUNI jam 22.00 So, hurry up!:-)

What Do You think ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s