Cara Pemilihan Program Studi SBMPTN 2013

Posted: March 17, 2013 in INFO PENDIDIKAN
Tags: , , , , , , , , ,

logo_sbmptn

Salam SEMANGAT … \(^_^)/

Teman-teman pasti sudah baca donk tentang ALL ABOUT SBMPTN 2013 ?? :-)

Ternyata ada yang masih belum ‘ngeh‘ dengan tata cara pemilihan Program Studi nya… Naahh… kali ini saya akan bahas tentang pemilihan Program Studi di SBMPTN. MarKiCaa… (=Mari Kita Baca)… (^0^)

Ada Berapa Kelompok Program Studi yang Bisa Dipilih ?

Ada 2 Kelompok Program Studi, yaitu :

  1. Prodi SAINTEK  (Sains dan Teknologi) => dulu……. namanya Prodi IPA
  2. Prodi SOSHUM  (Sosial dan Humaniora) => dulu……. namanya Prodi IPS

Ada Berapa Kelompok Ujian ?bingung

Ada 3 Kelompok Ujian, yaitu :

  1. Kelompok Ujian SAINTEK => dulu……. namanya Kelompok Ujian IPA
  2. Kelompok Ujian SOSHUM => dulu…….. namanya Kelompok Ujian IPS
  3. Kelompok Ujian CAMPURAN => dulu……. namanya Kelompok Ujian IPC

Ada berapa Jumlah Prodi PTN yang bisa dipilih ?

Baik Kelompok Ujian SAINTEK, SOSHUM, maupun CAMPURAN maksimal bisa pilih 3 Prodi PTN, rinciannya :

  1. Kelompok Ujian SAINTEK = max 3 Prodi SAINTEK
  2. Kelompok Ujian SOSHUM = max 3 Prodi SOSHUM
  3. Kelompok Ujian CAMPURAN = max 3 Prodi campuran dari Prodi SAINTEK dan SOSHUM

Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul ?

1. Apakah urutan pemilihan Prodi HARUS berdasarkan tingkat keketatan atau besaran passing grade ?

  • TIDAK. Urutan pemilihan Prodi berdasarkan SKALA PRIORITAS kamu. Misalnya, kita memilih prodi (1) Kedokteran (2) Ilmu Komunikasi dan Manajemen pada Kelompok Ujian CAMPURAN. Artinya, prioritas kita adalah menembus seleksi pada prodi Kedokteran. Jika tidak lulus di pilihan pertama, maka nilai kita akan diikutsertakan dalam seleksi di pilihan kedua, dan seterusnya.

2. Apakah pemilihan kelompok ujian harus sesuai dengan jurusan saat di SMA/SMK ?

  • TIDAK. Peserta SBMPTN dapat memilih kelompok ujian apa saja, walaupun tidak sesuai dengan jurusan saat di SMA. Misalkan :
  1. Wawan sekolah SMK, jurusan Teknik Komputer & Jaringan => pilih Kelompok Ujian Soshum  => (BOLEH)
  2. Putri sekolah SMA, jurusan IPA => pilih Kelompok Ujian Campuran => (BOLEH)
  3. Anto sekolah SMA, jurusan IPS => pilih Kelompok Ujian Saintek => (BOLEH) 

3. Contoh pilihan prodi dimana 1 PTN cuma 1 Prodi ?

Misalnya : Rahmadi asal sekolahnya SMAN 6 Surabaya mau masuk UI, UNDIP, UNAIR dan/atau UNHAS. Ia bingung mau tes di Jakarta (Wilayah I), Semarang (Wilayah II), tes di Surabaya (Wilayah III) atau tes di Makassar (Wilayah IV) ,,,,,,,,,,,, jika pilihannya sbb :

  • contoh pilihan 1 => tes di Surabaya atau Makassar atau Semarang => (BOLEH)
  1. Kesehatan Masyarakat UNAIR   (Wilayah III)
  2. Pendidikan Dokter UNHAS         (Wilayah IV)
  3. Ilmu Gizi UNDIP                            (Wilayah II)
  • contoh pilihan 2 => tes di Surabaya => (TIDAK BOLEH) => pilihan prodi PTN tidak ada yang di Wilayah III padahal kalo tes di Surabaya termasuk Wilayah III
  1. Kesehatan masyarakat UI             (Wilayah I)
  2. Pendidikan Dokter UNHAS          (Wilayah IV)
  3. Ilmu GIZI UNDIP                           (Wilayah II)

kartun-chatting-facebook4. Contoh pilihan prodi dimana 1 PTN bisa lebih dari 1 Prodi ?

Misalnya : Anita asal sekolahnya SMAN 78 Jakarta Barat mau masuk UGM dan/atau UI. Ia bingung mau tes di Jakarta (Wilayah I) atau tes di Yogyakarta (Wilayah II),,,,,,,, jika pilihannya sbb :

  • contoh pilihan 1 => tes di Yogyakarta => (BOLEH)
  1. Kedokteran UGM                        (Wilayah II)
  2. Farmasi UGM                              (Wilayah II)
  3. Biologi UGM                                (Wilayah II)
  • contoh pilihan 2 => tes di Jakarta => (TIDAK BOLEH) => pilihan prodi PTN tidak ada yang di Wilayah I padahal kalo tes di Jakarta termasuk Wilayah I
  1. Kedokteran UGM                        (Wilayah II)
  2. Farmasi UGM                              (Wilayah II)
  3. Biologi UGM                                (Wilayah II)
  • contoh pilihan 3 => tes di Yogyakarta atau Jakarta => (BOLEH)
  1. Kedokteran UGM                       (Wilayah II)
  2. Farmasi UGM                             (Wilayah II)
  3. Kimia UI                                      (Wilayah I)
  • contoh pilihan 4 => tes di Yogyakarta => (BOLEH)
  1. Kedokteran UGM                       (Wilayah II)
  2. Farmasi UGM                             (Wilayah II)
  • contoh pilihan 5 => tes di Jakarta => (TIDAK BOLEH) => pilihan prodi PTN tidak ada yang di Wilayah I padahal kalo tes di Jakarta termasuk Wilayah I
  1. Kedokteran UGM                       (Wilayah II)
  2. Farmasi UGM                             (Wilayah II)
  • contoh pilihan 6 => tes di Yogyakarta atau Jakarta => (BOLEH)
  1. Kedokteran UGM                       (Wilayah II)
  2. Kimia UI                                       (Wilayah I)

kartun3

Apakah asal sekolah dan alumni memperbesar peluang diterima di PTN tertentu?

  • TIDAK. Indikator tersebut dapat terjadi pada SNMPTN, tapi tidak pada SBMPTN.
  • Asal sekolah gak dilihat, yang dilihat adalaaahhhh…. tempat tes yang dipilih

Apakah di SBMPTN ada jatah Kuota untuk alumni ?

  • TIDAK. Dalam SBMPTN tidak ada Kuota tertentu untuk alumni. SBMPTN terbuka untuk tahun lulusan 2011, 2012, 2013

Apakah nilai UN berpengaruh di penerimaan SBMPTN ?

  • TIDAK. Di SBMPTN sudah tidak ada lagi urusannya dengan nilai rapot ataupun nilai UN, yang penting dia udah Lulus UN
  • Jadi, diterima atau gak nya berdasarkan Hasil Tes Tertulis dan Hasil Tes Keterampilan (kalo dia pilihProdi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan)
  • Nilai terbaiklah yang akan diterima SBMPTN sesuai dengan jumlah kursi di Prodi PTN tersebut
  • So….. persaingan tentunya semakin ketat !…. prepare yourself yhaa… \(^_^)9

 

Ada berapa Pembagian Wilayah dan PTN apa saja diwilayah tersebut?

WILAYAH I
Kode PTN Nama Perguruan Tinggi Wilayah I Nama Panlok Kode Panlok
11 UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH 11
12 UNIVERSITAS MALIKUSSALEH LHOKSEUMAWE 12
14 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN MEDAN UNIMED 14
15 UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN USU 15
17 UNIVERSITAS NEGERI PADANG PADANG 17
18 UNIVERSITAS ANDALAS PADANG 17
19 UNIVERSITAS RIAU PEKANBARU 19
20 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM PEKANBARU 19
21 UNIVERSITAS JAMBI JAMBI 21
22 UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI BOGOR 33
23 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG 23
24 UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG BOGOR 33
25 UNIVERSITAS BENGKULU BENGKULU 25
27 UNIVERSITAS LAMPUNG LAMPUNG 27
30 UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA JAKARTA 30
31 UNIVERSITAS INDONESIA JAKARTA 30
32 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI JAKARTA JAKARTA 30
33 INSTITUT PERTANIAN BOGOR BOGOR 33
34 UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG 34
35 INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG BANDUNG 34
36 UNIVERSITAS PADJADJARAN BANDUNG 34
37 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG 34
38 UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA BANTEN 38
71 UNIVERSITAS TANJUNG PURA PONTIANAK 71
WILAYAH II
Kode PTN Nama Perguruan Tinggi Wilayah II Nama Panlok Kode Panlok
41 UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO 41
42 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG SEMARANG 42
43 UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 42
44 UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 44
45 IAIN WALISONGO SEMARANG 42
46 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA YOGYAKARTA 46
47 UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 46
48 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 46
WILAYAH III
Kode PTN Nama Perguruan Tinggi Wilayah III Nama Panlok Kode Panlok
50 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA SURABAYA 50
51 INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA 50
52 UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA 50
53 UNIVERSITAS TRUNOJOYO SURABAYA 50
54 IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA 50
55 UNIVERSITAS NEGERI MALANG MALANG 55
56 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 55
57 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG MALANG 55
58 UNIVERSITAS JEMBER JEMBER 58
63 UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR 63
64 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA 64
65 UNIVERSITAS MATARAM MATARAM 65
66 UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG 66
73 UNIVERSITAS PALANGKARAYA PALANGKARAYA 73
75 UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN 75
77 UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA 77
78 UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN SAMARINDA 77
WILAYAH IV
Kode PTN Nama Perguruan Tinggi Wilayah IV Nama Panlok Kode Panlok
80 UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR MAKASSAR UNM 80
81 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR UNM 80
82 UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR UNHAS 82
83 UNIVERSITAS TADULAKO PALU 83
84 UNIVERSITAS HALUOLEO KENDARI 84
85 UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO GORONTALO 85
86 UNIVERSITAS NEGERI MANADO TONDANO 86
87 UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO 87
93 UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON 93
94 UNIVERSITAS CENDERAWASIH JAYAPURA 94
95 UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE 95
96 UNIVERSITAS NEGERI PAPUA MANOKWARI 96
98 UNIVERSITAS MUSAMUS MERAUKE MERAUKE 98

Kalo mau tanya tentang SBMPTN kemana ya ? TELEPHONE

Informasi resmi tentang SBMPTN bisa menghubungi :

  • Via Twitter      = @PanitiaSBMPTN
  • Via Facebook  = PanitiaSBMPTN
  • Via Website     = HALO SBMPTN 2013
  • Via call center = 0804-1-456-456
  • Via Kantor Panitia SBMPTN   = Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl. Tamansari No.64 Bandung 40116
  • Via No.telp/Fax Panitia SBMPTN = (022) 2530689
  • Via Email Panitia SBMPTN     = panitia@sbmptn.ac.id

ALBERT-EINTEIN-KARTUNINGAT !!!

Sebelum kita nentuin pilihan Prodi, pastikanlah :

  1. Apakah Prodi yang diinginkan tersedia di SBMPTN ?
  2. PTN mana saja yang menyediakan Prodi tersebut?
  3. Berapa Peminat Prodi tersebut tahun lalu ?
  4. Berapa daya tampung Prodi tersebut tahun ini?

Demikian ulasan dari saya, semoga dapat sedikit membantu teman-teman dalam hal penyusunan strategi pemilihan Program Studi  pada SBMPTN 2013 mendatang.

Good Luck ! Semoga SUKSES ! Salam Semangat untuk kita semua … \(^_^)/

NB : bagi teman-teman yang punya informasi tambahan, sharing dooonk…. atau yang punya pertanyaan bisa comment di blank ‘What do You Think’ yah.. KLIK pojok kanan atas.. :-)

sumber : dikti.info; sbmptn.or.id; kampus.okezone.com; yudhadepp.blogspot.com; ishariatiz.blogspot.com; kikinnovika.blogspot.com; prasati24.blogspot.com;

About these ads
Comments
  1. Rahman says:

    ka, mau tanya kalo udah daftar trus udah verifikasi dan ternyata salah pilih jurusan bisa di ganti ga ya ka ? mohon jawabannya :D (katanya harus bayar lagi ya ? tapi tetap sama KAP nya ?)

  2. Yogie P. says:

    kak, mau nanya nih….
    kalo misalnya aku ngambil :
    1. UGM (T.Sipil)
    2.USU(T.Sipil)
    3.Univ. Riau (T.Sipil)
    boleh gk kak kalau semua jurusannya ambil T.Sipil tapi beda universitas?????

  3. sryana says:

    kak saya mau tanya saya kan ikut ipc tp saya pilih prodinya ips smuanya jd gimana itu kak
    apakah terjadi kegagalan? atau bisa saya ubah
    tolong rekomendasinya kak :) trims

    • meandbiology says:

      Kalo pilihan prodimu IPS semua maka harusnya kamu ikut KELOMPOK UJIAN SOSHUM. Kalo kelompok ujian mu CAMPURAN maka prodi yang kamu pilih harus ada prodi Soshum dan Sainteknya. Kalo pas pendaftaran online belum finalisasi n cetak kartu, maka bisa kamu edit. Tapi kalo dah cetak kartu, gak bisa diedit, maka kamu harus beli PIN baru dan daftar online baru lagi…:+)

  4. Dina says:

    Ka, kalau kita daftar lagi karena salah milih jurusan, ada kemungkinan bakal di black list ngga ka?

  5. indah says:

    kak mau nanya apa bner univ pilihan pertama itu prioritas kterima ? gmna plihan ke 2 dan ke 3 ?
    thankyouu :)

    • meandbiology says:

      Kalo pilihan 1 gak diterima, maka akan diseleksi pilihan 2 dan seterusnya

      • Zacky says:

        dan dari 20 org++ yang terqualified itu berbanding 20 kursi yang tersedia, apakah sistem seleksinya berdasarkan pengurutan nilai dr yg tertinggi ke terendah sehingga dapat mengetahui siapa yang tereliminasi utk memperoleh 20 kursi tadi?… apa ada kebijakan lain…. saya dak habis pikir mbak, karena yang saya tahu bahwa seseeorang dikatakan lolos jika telah mencapai target Passing grade Fakultas yg ia pilih.. tetapi masalahnya dari 20 kursi yang ditetapkan, terdapat 20 an org yang lolos dan mencapai Passing grade yg telah ditentukan…. data diatas sebagai contoh saja… tapi inti pertanyaan saya … terdapat kursi yang terbatas berbanding dengan banyaknya yg terqualified

      • meandbiology says:

        Hohoho…PASSING GRADE itu adalah….= NILAI TERENDAH anak yang keterima di kursi TERAKHIR pada tahun lalu. Misalnya prodi A passing gradenya 40%, kursinya 20. Berarti anak yang ke-20 itu nilainya 40%, So… bisa jadi anak yg kursi ke-19,18, dst..pastinya LEBIH TINGGI dari itu.
        BETUL….diurutkan dari NILAI TERTINGGI dan masuk KUALIFIKASI. Jadi, misalnya udah keisi 18 kursi, 2 kursi TIDAK HARUS ‘Terpaksa’ DIISI oleh 2 orang yang nilainya 37%… gituloh, Zacky…(^_^)

      • Zacky says:

        ocre deh,,, sedikit lega… karena pilihan hanya pil 1 sj,,,, syukron mbak…. wass

      • meandbiology says:

        Wslm…alhamdulillah..SUKSES, Zacky! \(^_^)9

  6. Zacky says:

    daerah tes saya Region 1(palembang) asli saya Bangka Belitung

    • meandbiology says:

      Pertanyaannya, Zacky?? (^_^’)7

    • Zacky says:

      hahaha,,,maaf mbak,,, gini lho,,, saya ingin tes nya dekat2 saja… saya orang bangka, saya ingin tes nya di region 1 (palembang) karena biaya transpotnya murah.. Tapi Pilihan saya hanya satu-satunya Univ/Fakultas.. ini dia…

      Pilihan 1 Univ. UGM(Fakultas Ilmu Budaya Jepang/Sastra Jepang)
      Pilihan 2 tidak ada
      Pilihan 3 tidak ada

      saya nekat hanya pingin UGM Jepang… Jadi? boleh Panlok nya Palembang??? (pertanyaan pertama itu mbak)

      Jika Pilihan keduanya saya tambah UGM Bahasa Korea, Tidak bisakah saya tetap panlok di Region 1??? (T.T) sedangkan saya tidak mau memilih Univ. di daerah saya di Bangka , takut terpilih di Pil 3.. (pertanyaan kedua)…. monggo dijawab mbak ^^. Wass

    • Zacky says:

      o.. begitu… Terima kasih ya mbak… tetap eksis disana ya mbak, karena banyak anak2 yang galau dengan SBMPTN,,wkwkwk… Wassalamu’alaikum

    • Zacky says:

      Ass Mbak,,, sy balik lagi… Mau tanya nih… Karena sy misscomunication dan benar tdk tahu bahwa panlok Bangka Belitung itu SAMA DENGAN Panlok Bogor 33….Sedangkan saya telah Konfirmasi pendaftaran nya di Panlok Palembang.. Jika saya batalkan Pendaftaran di Panlok Palembang dengan membayar ulang kembali ke Bank Mandiri, Apakah akan bermasalah dengan pendaftaran yg di Panlok Palembang?? ataukah tidak apa2?… Trimakasih atas jawaban mbak

      • meandbiology says:

        wslm..Kalo Zacky mau beli PIN baru lagi, gpp.. pake nomor KAP yang baru dan daftar online lagi, Asalkan nanti dateng ke tempat ujian yang baru, otomatis yang berlaku adalah data kamu yg baru, gpp..:-)

    • Zacky says:

      o.. syukron mbak,,, ada 1 lagi pertanyaannya mbak,,, setiap Univ memiliki quota kursi tiap fakultas utk penerimaan calon mahasiswa… sebagai contoh: andai saja Quota utk Sastra Jepang UGM utk keseluruhan penerimaan pada semua tes masuk totalnya 40 kursi… di SMNPTN telah terisi 20kursi dan sisanya 20kursi utk SBMPTN,,, Jika di tes SBMPTN lebih dari 20 orang lolos di fakultas yg bersangkutan, sedangkan quota tersisa 20kursi… apakah ada pertimbangan sistem/cara penerimaan mahasiswa tsb?? melalui penyeleksian lagi?? ataukah ini kebijakan Fakultas yg bersangkutan?? terimaksih atas jawaban mbak :)

      • meandbiology says:

        Oohh…jadi misalnya suatu PTN hanya mengadakan SNMPTN dab SBMPTN aja serta gak ada ujian mandiri. Maka, walopun ada beberapa calon pendaftar yg qualified,tetap tidak akan melebihi kuota kursi yg disediakan (org tsb akan diproses berkasnya utk pilihan prodi dia selanjutnya). Begitu juga, misal kuota tinggal 8 kursi kosong, sdgkan yg qualified cm 3 org…yhaaa…PTN gak harus ‘memaksa’ 5 org yg kurang qualified utk mengisi kursi sisa kosong tsb.Gitu, Zacky…:-)kalo itu, ada kok di pengumuman resmi SBMPTN

    • Zacky says:

      ASS..sy minta maaf sekali mbak.. karena sy orang nya suka bertanya terus…. sekali lg maaf mbak…T.T…. singkat aja… dikatakan gagal/diskualifikasi itu yang nilai nya minus apa nol/tdk diisi(gak tahu) mbak??? karena Madas MTK saya suka minus atau nol…

      • meandbiology says:

        Wslm…gak ap2 Zacky,sy mlh sng ada teman diskusi. Kalo km liat lgs di web sbmptn nya, dibilang ” penilaian secara menyeluruh. Oleh karna itu,setiap Mata pelajaran harus dikerjakan sebaik mgkn. Dan TIDAK ADA MATA PELAJARN YANG DIABAIKAN” jadiiiii….. misalnya , FISIKA jgn sampe gak km isi sama sekali yhaaa..:-)

    • Zacky says:

      o.. Jika kita berusaha untuk mengisi semua dengan sebaik mungkin, namun masih mengalami minus, apakah minus berarti gugur?? karena soal SBMPTN susah ditebak…

    • Zacky says:

      maksud saya susah ditebak bukan asal2 tebak mbak…. susah ditebak itu,,yakin itu benar namun masih ada yang lebih benar,,, kalo masalah target udah ada,,, tetapi saya pikir, kl target belum cukup bisa membuat kita tembus pada Pilihan,,,, karena berdasarkan nilai yang tertinggi,,sedangkan quota jurusan saya tinggal 9 kursi ,,itupun dipotong untuk UM UGM… saya minta saran mbak…. Jika SEANDAINYA saat hari H,,, saya menemukan 15 soal mapel yang saya tidak betul yakin dapat mengisinya alias tidak satu pun tahu (Matematika), apa yang harus saya lakukan?? karena situasi serba salah…. menurut mbak gimana?? kalo diisi takut minus,,kalo dak diisi jadi nol… kalo pelajaran lain saya siap…hanya bermasalah di MTK

      • meandbiology says:

        Saran saya, harus diisi, jangan sampe kosong sama sekali. Saya yakin, dari 15 soal mat, pasti ada 1-2 yg bisa Zacky kerjain…latihan soal lebih banyak lagi ttg mat. Kalo bisa buat standar min jmlh soal yg bs km jawab di mat. Kalo misalnya hanya 4-5 soal mat yg bs dikerjain, gpp….sementoknya…asalkan jangan dikosongkan sama sekali…OK?? b(^__^)d

    • Zacky says:

      oke mbak,, mudah2an ada soal yg bisa dijawab… mbak, lah update berita tentang UM UGM blm?? kl sudah, sy mau tanya,,,

      untuk mengikuti UM UGM ada persyaratan khusus dak? seperti harus bawa SKHU atau yg lain2 nya ke jogja,,, apa hanya daftar sj seperti sama di SBMPTN??

    • Zacky says:

      Ass ..mbak… Balik lagi,,,:)
      Mbak,, Apakah beda antara sekolah Vokasi D3 Korea UGM dengan S1 Korea UGM dari hal tempat menuntut ilmu nya?? di pasahkah antara keduanya? atau sama dalam satu bangunan??

  7. emmie says:

    salam.
    permisi, sya mw nanya kak, persyaratan untuk photo SBMPTN nii apa yya?
    backgroundnya , wajib pakain sekola atau tidak?
    terima kasih.

  8. devi says:

    kak, pernah denger gak universitas yang gak mau diduakan?aku pengennya ambil:
    1. akutansi unair
    2. akutansi UB
    3. manajemen Unair
    takutku begitu aku gak lolos di pilhanpertama , kampus UB gak mau nerima aku, banyak orang bilang gitu ???? jadi galau nih, …

    • meandbiology says:

      Gak usah mikirin hal2 kyk gt,Dev… kelulusan SBMPTN itu mah diliat dari hasil tes tulisnya, jangan termakan rumor,optimis! Fokus aj sama persiapan materi tesnya yah…(^_^)d

  9. lennylove says:

    Kak mau tanya, passing grade UNS UNDIP dan UNNES itu lebih tinggi yang mana ya?
    Teruz pas mau dftar SBMPTN itu KAP dan PIN yg dimasukkan KAP d’krtu SNMPTN ato yg baru SBMPTN.?
    Please tolong d’jawab :)

    • meandbiology says:

      kalo Lenny kemaren daftarnya pake nomor KAP yang ada di kartu SNMPTN, yhaaa pake yang itu aja, Tapi kalo kmaren daftar pake tanggal lahir, maka dapet nomor KAP baru , so… Nurul mesti pake no. KAP yang baru tersebut..:-)

  10. Kanzun Dinan says:

    assalamualaikum kak,
    mau tanya:
    kalau misalkan pilihan ku seperti ini
    1. Univ. brawijaya-sastra jepang (malang)
    2. univ. airlangga-sastra jepang(srabaya)
    3. univ. diponegoro – bahasa jepang(semarang)
    trus tesnya di jogja, bisa gg kak?

    oya, aku mau tanya, di SBMPTN kita boleh milih berapa pilihan?
    tolong di jawab kak

    terimakasih

  11. Theresia says:

    kak mw tanya mw ambil..
    1.univ. brawijaya ( gizi )
    2. univ. brawijaya ( administrasi negara )
    3. univ negeri surabaya ( pend. biologi )

    tesnya bisa d’surabaya ?

  12. azizah says:

    kak mau tanya nich, kalo seumpama aku plih jurusan berbeda disetiap PTN itu ambilnya soshum/campuran?
    Misalnya :
    1. Pend.bhsa jawa (UNESA)
    2. Pend.bhasa,sastra dan daerah (Univ.negeri malang)
    3. Agribisnis (UNEJ)

    Tolong dijawb ya kak , makasih ;)

  13. Danang says:

    Maksud yg ini ” Apakah Prodi yang diinginkan
    tersedia di SBMPTN ?” apa yah?
    hehe..

    • meandbiology says:

      apakah prodi yang kamu cari/incer/tuju ada di PTN tertentu pada SBMPTN,Danang…:-) Karena Prodi “X” pada PTN “A” belum tentu terdapat pada PTN “B”…:-)

  14. kak mau nanya, apakah boleh apabila saya memilih 1 universitas 3 jurusan?
    Misal : 1. UNIVERSITAS BRAWIJAYA (TEKNIK INFORMATIKA)
    2. UNIVERSITAS BRAWIJAYA (FARMASI)
    3. UNIVERSITAS BRAWIJAYA (AKUNTANSI)
    terima kasih :)

  15. Richo says:

    kak aku milih jurusan
    1.unibraw teknik industri
    2.univ negeri malang pendidikan matematika
    3.univ negeri surabaya pendidikan matematika
    bisa gak itu kak please jwb…….

  16. ahmad qudsy says:

    ka mw tanya, boleh gak saya dari kelompok ujian ipc. tapi waktu pemilihan prodi saya ambil prodi ips semua, mohon bantu saya kak..?

    • meandbiology says:

      TIDAK BOLEH,Ahmad…kalo kelompok ujian CAMPURAN/IPC harus memilih campuran prodi Saintek DAN Soshum. kalo km ambil prodi soshum semua,maka seharusnya kamu ikut kelompok ujian SOSHUM,bukan Campuran…:-)

  17. aini says:

    permisi kak mau tanya,
    aku pernah denger kalo seumpama waktu di snmptn ambil sebuah prodi, tapi ternyata ga lolos snmptn, terus waktu daftar sbmptn masih ngambil prodi yang sama itu kemungkinan diterimanya makin besar, soalnya anaknya dianggap minat banget di prodi itu. Bener ga tuh? (O_o)?

    • meandbiology says:

      Halo,Aini… semestinya gak begitu yah.. karena logikanya, meskipun tu anak SNMPTN dan SBMPTN kekeuh milih podi di PTN itu, tapiiiii….kalo HASIL TES TULIS SBMPTN nya gak QUALIFIED yaaahhh,,,, tetep aja gak diterima. (^_^). Kan ketentuan kelulusan SBMPTN itu berdasarkan HASIL TES TULIS SBMPTN nya.:-)

      • aini says:

        aku juga mikirnya gitu.. hehe, makasih kak (^_^)/
        oh iya kak, ketentuan mengerjakan soalnya kan kalo salah minus satu tuh, menurut kakak lebih baik diisi semua (walo ada yang ‘ngawur’), apa diisi yang bisa aja (yang ga bisa dikosongin)?

  18. Hamba Allah says:

    ka, mohon di reply
    PTN sekelas UI disimpan di pilihan ke 2, apakah itu memungkinkan untuk diterima ?

    • meandbiology says:

      semestinya SBMPTN gak ada tuh hal2 yang seperti itu, karena logikanya kalo semua PTN “begitu”, maka …percuma diadakan Seleksi bersama secara Nasional.hehehe… sekali lagi HASIL TES TULIS SBMPTN lah yang menentukan kelulusan peserta di prodi tertentu…QALIFIED ato Tidak. gitu yhaa..jadi FOKUS aja di persiapan materi untuk mengerjakan soal2 SBMPTN, gak usah pusingin hal-hal seperti itu, OK?! SEMANGAT! (^-^)9

  19. ntii says:

    kak kalau uda daftar di komputer sendiri, tapi nge-print nya diluar boleh ? caranya gimana kak ? di save aja ya? kalo login lagi bisa kak? Jelasin yaa kak :)

    • meandbiology says:

      DAFTAR ONLINE di komputer sendiri gak apa-apa. Kalo kamu sudah FINALISASI dan CETAK KARTU, maka DATA TIDAK DAPAT DIUBAH LAGI. Tapi, kalo kamu BELUM FINALISASI dan CETAK KARTU, maka kamu dapat SAVE dan LOG OUT dulu.. nanti bisa masuk dan LOGIN lagi, INAGT! asaaalll.. BELUM KAMU INALISASI, oK?:-D

  20. nida says:

    kak kalo foto yang diupload buat SBMPTN itu bener2 harus sesuai syarat yg di tentukan ??

    • meandbiology says:

      BETUL sekali, Nida… karena kalo gak sesuai dengan ketentuannya, maka saat di ‘Cetak Kartu’ foto kamu gak keluar alias kosong, jadi harus ngikutin contoh yang sudah ada…:-)

  21. Dita Rahmawati says:

    kalau pemilihan universitasnya yang sama 2 bagaimana?
    boleh atau tidak? kan max 3 (2 sama 1 beda)…..

  22. fyrouzabadi says:

    apakah kalau saya tinggal di solo
    pil. 1 dan 2 di jatim (UNBRAW)
    pil. 3 di UNS (solo)
    seperti itu apakah memperkecil peluang saya diterima di UNBRAW?
    karena tes saya di solo
    menurut pernyataan :
    “Asal sekolah gak dilihat, yang dilihat adalaaahhhh…. tempat tes yang dipilih”
    terima kasih….

  23. Indra says:

    kak mau tanya, kalo saya memilih prodi
    1. fitb (itb : wilayah 1)
    2. fttd ( itb : wilayah 1)
    3. teknik geologi ( ugm : wilayah 2)
    saya bisa tes di seputar wilayah 2 tidak? misal tes di purwokerto atau jogja?

  24. krisfini says:

    permisi kak,, mau tanya,, klu mw pilih kelompok prodi soshum, bolehkah ambl jurusan manajemen, b.ing, n jurusan informatika??

  25. mita says:

    kak ambil mipa mtk n pend. mtk boleh g?
    soalnya denger2 ilmu pasti g boleh gabung sama pend.
    mohon bantuannya

  26. Rosario says:

    kak mau tanya..kan saya sudah dapat PIN dan KAP untuk kelompok SAINTEK, tapi saya bingung mau ambil prodi piLihan 2 apa? Prodi di UNY yang kelompok SAINTEK itu apa saya? toLong dibantu kak.

  27. Mita says:

    Mau tanya’..
    Kalau ngambil jurusan pgsd, mipa mtk n pendidikan mtk boleh g?
    Katanya ilmu murni g boleh dicampur..

  28. Afif Ahmad says:

    kak klo ilmu komputer dan teknologi informasi masuk program studi apa? (saintek/soshum)

  29. Nela says:

    Permisi kak, mau nanya nih :
    kak saya ambil
    unri – akutansi
    unri – ilmu keperawatan
    uinsuska – TI
    kalau ambil universitas yg sama itu gak apa kak ? makasih kak, tolong d bls ya kak..

  30. Nita says:

    kak mw nnyak seputar sbmptn
    – Apakah pilihan PTN pertama harus dari asal tempat tinggal kita ?

  31. elsa says:

    kak mau tanya kalau saya ambil jurusan pendidikan bahasa ingris tapi saya dari jurusan sma ipa itu ikutnya campuran tah soshum kak?

  32. Virdha Audina says:

    assalammu’alaikum :)
    kaa mau nanya tentang soal tes’a nih, soal tes seluruh PTN itu sama ga sih kaa? misalnya soal TKD saintek seluruh PTN sama, kaya gtu ga sih ka?

  33. vidia says:

    ka mau tanya, kalo ilmu hukum masuk kelompok soshum ya ? kalo milih saintek bisa ga milih hukum ?

    terus boleh dan betul ga milih prodi kayak gini
    1. psikologi (unlam banjarmasin)
    2. MIPA : ilmu komputer (unlam banjarmasin)
    3. psikologi (UGM)
    ujiannya diwilayah banjarmasin ?

  34. Rara says:

    Makasih atas infonya ya, Kak. (^_^)b
    Oh iya sekalian tanya, di atas kan udah dijelasin kalo passing grade nggak mempengaruhi, karena itu buatan bimbel. Jadi seumpama jurusan yang passing gradenya lebih tinggi dari prodi1 dan 2 saya taruh di pilihan ketiga, gimana menurut kakak?

    • meandbiology says:

      Passing grade emang buatan bimbel, tapi bisa membantu kita memberikan gambaran umum tentang tingkat kesulitan prodi tersebut. usahan urutannya mulai dari yang grade nya tinggi ke rendah, tapi urutannya menurut prioritas kamu, Ra…:-)

  35. Nadya says:

    kak, mau tnya dong….
    KAP itu adanya wktu kta bli PIN atau ada di krtu SNMPTN ???
    soalnya ada yng blang KAP ada dikrtu SNMPTN……
    trus KAP itu biasanya ada dimana ???
    mohon bntuannya kak, makasih…. :)

    • meandbiology says:

      Kalo Nadya kmaren ikut SNMPTN, pake KAP yg di kartu SNMPTN boleh (menu 1001), pake yg baru jg gpp (menu 1000)…(^_^)

      • Nadya says:

        kak, aku msih bngung T.T
        jdi KAP nya itu udah skalian ada dibukti transfer wktu kita bli PIN ya kak ???
        mohon dijawab kak, mkisih…..

  36. Nadya says:

    kak aku mau tnya dong, KAP itu ada wktu kta bli PIN ???
    soalnya ada yng blang klu KAP itu ada dikrtu psrta SNMPTN…..
    mohon bntuannya kak, mkasih ??? :)

  37. raras says:

    kak mau tanya,kalo saumpama milih wilayah II smua boleh? apa kalo yang dua wilayah II yang satunya harus diwilayah lain ? makasih :D

  38. hany says:

    Ka mau tanya nih, aku kan ngambil pilihan 1 unsoed : ilmu informatika
    2 unsoed : agroteknologi
    3 unj : tata boga
    Kira2 aku bisa pilih panlok mana aja buat tesnya ?

  39. anisa nurul says:

    kak, klo saya dr jurusan ipa di SMA, trs di SBMPTN saya ngambil prodi ips semua, saya harus milih kelompok campuran atau soshum?

  40. Sari says:

    Kak mau nanyak lagi :D
    Jurusan apa ya yang peminatnya kurang ?

    -Trims :)

  41. sabila says:

    kak mau nanya nih ,,, q milih
    pilihan 1 ugm kedokteran hewan
    2 undip ilmu gizi
    3 undip teknik industri
    q pengen tes disemarang apa boleh,,, yogja wilayah 2 semarang juga wilayah 2,,bles ya ka pls

  42. edi says:

    kak mau tanya
    saya rencana milih sbmptn di :
    1. agroekoteknologi (USU)
    2.budidaya perairan (Universitas Bangka Belitung)
    3.manajemen sumberdaya perairan (Universitas Mulawarman)

    saya tes ny di USU, alny saya di medan
    itu bisa kan kak???
    thanks

  43. Muhammad Anggi says:

    kak saya mau masuk PTN
    – UNRI
    – UNIMED
    – USU
    Tapi saya mau tes di medan, bisa gak kak?

  44. arena bela negara says:

    kak. gimana kalau. mau ambil soshum. 1 ptn tapi 3prodi berbeda? beneran gak pakek passing grade?

  45. Sari says:

    kak saya masih blm paham soal wilayah tempat tes sbmptnnya
    saya rencananya mau di ngambil di PTN
    1. Pend.kedokteran (UNIMAL)
    2. Farmasi (USU)
    3. pend. Fisika (UNIMED)
    Kira-kira saya test nya dimana ya kak?

    Trims:)

    • meandbiology says:

      Karena semua PTN yang kamu pilih ada di wilayah I, maka kamu bisa tes di lokasi mana aja (panlok mana aja) asal panlok tersebut masih diwilayah I…:-)

  46. Yuanita says:

    Kak nanya dong. Aku masih bingung sama yg wilayah wilayah itu. Misal. Aku ngambil 1. Bakor-UGM
    2. b.Inggris -UNS
    3. B. Jerman – UNY

    trus tesnya di UNS bisa?

  47. vita says:

    assalamualaikum
    kak kalo misalnya aku pilih :
    1 ptn surabaya
    2 ptn malang
    3 ptn jember
    itu tempat tesnya di surabaya, boleh?

  48. faisal says:

    kak, mau tanya kal kira2 aku pilih yang saintek kira2 yg bakaln dipeajari itu sekitar apa aja kak.?
    apakah pelajaran smk dan sma nanti bakalan disetarakan ?

  49. hesti asih kusumawati says:

    kak, mau tanya nih kalau pilih program studi sebaiknya yg gmana ya

    • meandbiology says:

      Urutan prodi yang dipilih berdasarkan SKALA PRIORITAS. Nah… Hesti bisa melihat hal-hal berikut sebagai bahan pertimbangan pemilihan jurusan , yaitu :
      (1) daya tampung
      (2) jumlah peminat tahun kemarin
      (3) tingkat keketatan
      (4) passing grade (buatan bimbel)
      (5) hasil TRY OUT (kalo km ikut TO di bimbel2)
      (6) minat dan bakat
      (7) kemampuan diri sendiri
      (8) prospek kerja jurusan
      Silahkan menganalisa, karena pemilihan jurusan itu sangat PERSONAL…(^=^)7

What Do You think ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s