Salam SEMANGAT … \(^_^)/

Mulai kali ini saya bakal nyicil deh tentang rangkuman Biologi, terutama tentang Bab-bab yang sering bikin anak-anak SMA bingung/lupa/gak ngerti/gak tahu/pusing…. hahahaha…. tenang ajaaa… saya coba bantu yhaa… :-)

Ok, salah satu bab yang bikin anak-anak “gerah” saat mengerjakan latihan Soal UN SMA BIOLOGI adalah tentang Sendi. Yak! langsung MarKiCa (Mari Kita baCa) … \(^_^)7

macam sendi

A. SINARTROSIS (=Sendi mati, tidak bergerak)

1. SINFIBROSIS /SUTURA 

  • dihubungkan oleh serabut jaringan ikat fibrosa
  • contoh : sutura pada cranium (tengkorak)

sinartrosis-sinfibrosis

2. SINKONDROSIS

  • dihubungkan oleh kartilago (tulang rawan) hialin
  • contoh :
  1. antara diafise dan epifise tulang dewasa
  2. antara costae (rusuk) dan sternum (tulang dada)

B. AMFIARTROSIS (=Sendi kaku, gerak terbatas)

  1. SIMFISIS    = dihubungkan oleh kartilago serabut pipih, contoh : simfisis pubis (tulang kemaluan); antar vertebrae (tulang belakang)
  2. SINDESMOSIS = dihubungkan oleh jaringan ikat serabut dan ligamen, contoh : tibia (tulang kering) dan fibula (tulang betis)

syndesmosis

 

C. DIARTROSIS (=Sendi gerak, bisa bergerak)

1. ENGSEL

  • jumlah arah = 1 arah
  • jumlah poros = 1 poros
  • contoh : siku, lutut, mata kaki, ruas-ruas jarisendi engsel

2. PELANA

  • jumlah arah = 2 arah
  • jumlah poros = 2 poros
  • contoh : antar ibu jari dan metakarpal (telapak tangan)

sendi pelana

3. PELURU

  • jumlah arah = segala arah
  • jumlah poros = 3 poros
  • contoh :
  1. antar gelang bahu dan humerus (lengan atas)
  2. tulang panggul dan femur (tulang paha)

Sendi Peluru

4. PUTAR

  • jumlah gerak = rotasi (memutar)
  • jumlah poros = 1 poros => tulang 1 berputar terhadap tulang lain
  • contoh :
  1. antar axis (leher) dan tulang atlas (penyangga tengkorak)
  2. antar ulna (hasta) dan pengumpil (radius)

Sendi Putar

5. LUNCUR/ GESER/DATAR

  • jumlah arah = rotasi pada bidang datar, menggeser => ujung tulang 1 menggeser ujung tulang lain
  • jumlah poros = tidak berporos
  • contoh :
  1. antar tulang pergelangan
  2. antar clavicula (tulang selangka) dan scapula (belikat)
  3. pergelangan kaki

Sendi Luncur

6. ELLIPSOID/OVOID/KONDILOID

  • jumlah arah = 3 arah (depan-belakang-samping )
  • julah poros = 2 poros (kiri-kanan dan depan-belakang)
  • contoh :
  1. antar radius (pengumpil) dan tulang pergelangan tangan
  2. dasar tengkorak dan ruas vertebrae pertama => saat kepala mengangguk
  3. antar tulang pergelangan tangan dan tulang jari => saat jari menekuk dan mengepal

Sendi Elipsoid

Gambar-gambar lain tentang sendi gerak :

Macam-macam-sendi-dan-gambar

Demikian ulasan saya tentang PERSENDIAN (artikulasi/hubungan antartulang)…. Nanti diupdate terus deh kalo ada info terbaru…. Mudah-mudahan bisa membantu teman-teman memahami lebih baik lagi tentang macam-macam sendi… (^_^)9

NB : kalo ada pertanyaan… atau mau request tentang Bab tertentu untuk diulas, comment aja di Blank ‘What Do You Think’  di pojok kanan atas yhaaa… Salam Semangat … \(^_^)/

sumber : pelajaran-lengkap.blogspot.com; sentra-edukasi.com; biologisma.com; forumsains.com; masterbiologi.com; dtzn.blogspot.com; smart-pustaka.blogspot.com; wecca.wordpress.com

About these ads
Comments
  1. Jejes says:

    Bingung bedain luncur sama ellipsoid yang di pergelangan tangan T_T

    • meandbiology says:

      kalo luncur => antar-tulang pergelangan kaki
      kalo ellipsoid => antara pengumpil dengan tulang pergelangan tangan
      coba deh dipraktekin sesuai contoh dan gambar ya jes … (^_^)

What Do You think ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s