Archive for February, 2013

1359477208464350231

Akhir-akhir ini seringikali kita lihat berita tentang penangkapan salah satu artis yang diduga menggunakan salah satu jenis narkotika yang disebut Methylon (Metilon). Sebenernya apa sih Methylon (metilon) itu ??. Karena penasaran, saya iseng-iseng cari informasi tentang zat tersebut. Berikut beberapa point yang saya dapatkan informasinya dari berbagai sumber informasi :

  1. Methylon atau 3,4-methylenedioxy-N-methylcathinone merupakan derivat (turunan) kedua dari Cathinone , sedangkan derivat  pertamanya adalah met-cathinone
  2. Menurut UU no.35 tahun 2009 sering disebut sebagai NARKOTIKA golongan 1, tapi hanya tercantum cathinone dan metcathinone
  3. Cathinone atau S(-)-alpha-aminopropiophenone MIRIP dengan Amphetamine, tetapi tidak disebut sebagai derivat amphetamine karena datangnya bukan dari amphetamine (secara kimia)
  4. Cathinone alami terkandung dalam tanaman Khat (Catha edulis Forsk), tumbuhan semak yang banyak terdapat di Afrika timur dan tengah serta sebagian Jazirah Arab. Dikonsumsi dengan cara dikunyah, dibuat jus, atau diseduh seperti teh
  5. Jika cathinone alami merupakan stimulan potensi rendah, bahkan lebih ringan dari alkohol dan tembakau, tidak demikian dengan zat sintetisnya
  6. Cathinone sintetis berbentuk serbuk kristal putih atau kecoklatan, kadang-kadang dikemas dalam bentuk kapsul/tablet sebagai pengganti pil ekstasi. Dikonsumsi dengan cara dihirup, ditelan, atau disuntikkan setelah dicampur air
  7. Efek mirip amfetamin yaitu menimbulkan rasa gembira, meningkatkan tekanan darah,kewaspadaan, serta gairah seksual. Namun, hal itu bisa diikuti dengan depresi, mudah terganggu, anoreksia, dan kesulitan tidur
  8. Penggunaan cathinone dalam jangka lama  dapat menyebabkan kerusakan sel otak. Akibatnya, orang menjadi paranoid dan berhalusinasi. Gejala yang lebih ringan, pengguna merasa lemas jika tidak mengonsumsinya
  9. Penggunaan cathinone yang berlebihan dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, gelisah, lekas marah, insomnia dan serangan panik. Pelaku kronis beresiko terkena gangguan kepribadian dan menderita infark miokard (penyumbatan pembuluh diotak yang meyebabkan berkurangnya pasokan oksigen)
  10. Ini dia penampakan tanaman khat (Catha edulis Forsk)

Setelah kita tahu tentang Cathinone , met-cathinone, Methylon dan tanaman Khat (Catha edulis Forsk) serta dampak dan bahayanya, maka sudah selayaknya kita menyikapi hal tersebut dengan TIDAK MENGKONSUMSInya dan menjadikan informasi tersebut sebagai PENGETAHUAN saja. Itu sudah suatu sikap yang BIJAKSANA kawan… (^_^)

sumber: wikipedia, kompasiana,detik,forum sains

Advertisements

Salam SEMANGAT … \(^_^)/

Teman-teman yang ‘ngebeeeetttt’ banget pengen kuliah di BANDUNG, pasti ngincer PTN favorit yang satu ini, yaitu ITB (Ieunudikahoyong Ti Bandung)…. hahahahaha… (baca : ini yang diharapkan dari Bandung)…  n(^0^)n

Pasti banyak deh pertanyaan-pertanyaan seperti :

  • “nilai saya bisa gak yah masuk ITB ?”
  • “tahun 2012 kemarin yang diterima SNMPTN UNDANGAN nilai raportnya gimana yah?”
  • “bisa gak saya bersaing dengan para peminat ITB yang lain?”
  • “saya cocoknya masuk ITB di fakultas/sekolah apa yah?”
  • “emang sekolah/fakultas apa aja sih yang ada di ITB buat dijadiin alternatif pemilihan jurusan SNMPTN 2013 saya?

Naaaahhhh… kalo masalah nilai raport teman-teman kita sebelumnya yang diterima di ITB melalui jalur SNMPTN UNDANGAN 2012 bisa teman-teman lihat di DATA SNMPTN UNDANGAN 2012 ITB yahhh…. (^_^) …. kalo SEKOLAH/JURUSAN yang ada di ITB dan program studinya apa aja, nih, saya kasih kutipannya. Selamat menyusun strategi…..\(^.^)/

KETENTUAN ITB PADA PELAKSANAAN SNMPTN 2013

Untuk tahun akademik 2013/2014, calon-calon mahasiswa yang secara akademik berpotensi tinggi dan akan mendapatkan ijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas pada tahun 2013 (tahun ijazah 2013) dapat mengikuti seleksi untuk melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung melalui SNMPTN 2013. Ketentuan umum keikutsertaan pada SNMPTN 2013 dapat diperoleh di laman resmi panitia SNMPTN 2013 (http://snmptn.ac.id/). Calon mahasiswa dapat memilih fakultas/sekolah yang dikelompokkan berdasarkan latar belakang materi belajar calon mahasiswa sebagai berikut:

A.    Calon mahasiswa yang berasal dari SMA IPA dapat memilih fakultas/sekolah berikut :

  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), terdiri atas program studi :
    • Matematika
    • Fisika
    • Astronomi
    • Kimia
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), terdiri atas :
    • Program Sains, terdiri atas program studi :
      • Biologi
      • Mikrobiologi
    • Program Rekayasa, terdiri atas program studi :
      • Rekayasa Hayati
      • Rekayasa Pertanian
      • Rekayasa Kehutanan
  • Sekolah Farmasi (SF), terdiri atas program studi :
    • Sains dan Teknologi Farmasi
    • Farmasi Klinik dan Komunitas
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), terdiri atas program studi :
    • Teknik Geologi
    • Teknik Geodesi dan Geomatika
    • Meteorologi
    • Oseanografi
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), terdiri atas program studi :
    • Teknik Pertambangan
    • Teknik Perminyakan
    • Teknik Geofisika
    • Teknik Metalurgi
  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), terdiri atas program studi :
    • Teknik Elektro
    • Teknik Tenaga Listrik
    • Teknik Telekomunikasi
    • Sistem dan Teknologi Informasi
    • Teknik Informatika
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), terdiri atas program studi :
    • Teknik Sipil
    • Teknik Lingkungan
    • Teknik Kelautan
    • Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air
    • Rekayasa Infrastruktur Lingkungan
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI), terdiri atas program studi :
    • Teknik Kimia
    • Teknik Fisika
    • Teknik Industri
    • Manajemen Rekayasa Industri
  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), terdiri atas program studi :
    • Teknik Mesin
    • Aeronotika dan Astronotika
    • Teknik Material
  • Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), terdiri atas program studi :
    • Arsitektur
    • Perencanaan Wilayah dan Kota

B.    Calon mahasiswa yang berasal dari SMA IPA atau SMA IPS dapat memilih :

  • Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), terdiri atas program studi :
    • Manajemen
    • Kewirausahaan

C.    Calon mahasiswa yang berasal dari SMA IPA, SMA IPS, atau SMK dapat memilih :

  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), terdiri atas program studi :
    • Seni Rupa
    • Kria
    • Desain Interior
    • Desain Komunikasi Visual
    • Desain Produk

Khusus peminat Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), diharuskan mengunggah Portofolio Bidang Ilmu Seni Rupa pada pelaksanaan SNMPTN 2013, di laman http://snmptn.ac.id/ selama masa pendaftaran SNMPTN 2013, tanggal 1 Februari s.d. 8 Maret 2013. Informasi selengkapnya dapat diperoleh di laman http://www.snmptn.ac.id/portofolio.html.

Sehubungan dengan telah terbitnya SK Rektor ITB no. 071/SK/K01/PP/2006, tertanggal 17 Maret 2006, tentang Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, maka secara resmi, setiap mahasiswa baru diterima menjadi mahasiswa fakultas/sekolah terlebih dahulu, sebelum akhirnya memilih salah satu program studi serumpun dalam fakultas/sekolah yang sama, pada awal tahun kedua.

Saat ini, ITB memiliki 2 lokasi kampus, yaitu di Bandung (jl. Ganesa no. 10 Bandung) dan Jatinangor (jl. Winaya Mukti no. 1 Jatinangor). Kedua kampus ini telah siap untuk mendukung kegiatan perkuliahan para mahasiswa ITB.

Hingga saat ini, sebagian besar mahasiswa ITB masih melaksanakan kegiatan perkuliahan di Kampus ITB Ganesa. Namun demikian, karena keberadaan fasilitas pendukung untuk program studi Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan, Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air, Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, dan Kewirausahaan, lebih banyak berada di Kampus ITB Jatinangor, maka pada tahun kedua, mahasiswa yang mengambil program studi-program studi tersebut akan melakukan aktivitas perkuliahan di Kampus ITB Jatinangor

sumber: usm.itb.ac.id