Turritopsis nutricula …UBUR-UBUR yang ABADI…

Posted: March 6, 2013 in CAS_CIS_CUS
Tags: , , , , , , ,

IMMORTAL JELLYFISH

Salam SEMANGAT … \(^_^)/

Holaaa….teman-teman…:-). Beberapa waktu yang lalu, ketika saya sedang mempelajari tentang ubur-ubur, ada satu hal menarik yang mungkin bisa saya share. FYI, ternyata ada loch ubur-ubur yang Abadi…. beneran deh, gak pake’  bohong… :-p. Cobaaa… lihat dulu seperti apa bentuknya yaaachhh… nih!

images24_16KLASIFIKASI

Kingdom    = Animalia
Filum         = Cnidaria/Coelenterata
Kelas         = Hydrozoa
Ordo         = Anthomedusae
Famili         = Oceanidae
Genus        = Turritopsis
Spesies       = Turritopsis nutricula
 

 

Apa keistimewaan Turritopsis nutricula ?

Ubur-ubur ini beda banget dengan ubur-ubur lain yang mungkin kita tahu. Turritopsis nutricula muda kalau sudah menjadi dewasa dan kawin, makaaaa….. dia akan balik menjadi muda kembali. What?!? heeehh??… Seems like unreal yhaa?? ok, kalo gitu, kita lihat dulu Daur Hidup ubur-ubur pada umumnya yah..yuk!:-)

Bagaimana daur hidup Ubur-ubur pada umumnya seperti  Aurellia aurita ?

coelenterata

Nah, dari gambar di atas kita tahu bahwa ubur-ubur berasal dari polip yang nempel di dasar. Polip itu menghasilkan ubur-ubur ABG (baca: Efira) yang kemudian copot satu-satu dan tumbuh menjadi ubur-ubur besar (baca: Medusa). Medusa jantan dan medusa betina kawin deh…menghasilkan zigot yang berkembang jadi larva Planula yang punya silia buat berenang. Trus, larva Planula tersebut nempel di tempat tertentu dan tumbuh jadi polip lagi.

Bone-Growth

Begitulah kira-kira daur hidup ubur-ubur,,,pada umumnya loch yhaa,,,. Tapi, ubur-ubur yang sudah dewasa dan melakukan perkawinan, bakalan mati… (T_T).

Beda halnya dengan Turritopsis nutricula, kalo ubur-ubur ini secara biologis gak mati, malah jadi muda lagi….. KOK BISA?!?

Waduh! kayak gambar di samping donk… dari muda-dewasa-tua balik lagi jadi dari tua-dewasa-muda…. emang bisaaaa??? caranya???

 

Ini dia Daur hidup Ubur-ubur Turritopsis nutricula !

immortal-jellyfish-turritopsis-nutricula-2

Kalo dari daur hidupnya, Turritopsis nutricula ini setelah mengalami masa dewasa (Medusa), maka dia bisa balik lagi lagi jadi medusa ABG (Efira), bahkan “mundur” berubah menjadi Polip lagi yang nempel di dasar. Wah.. wah… wah… gak bisa mati-mati donk yah! (kecuali mungkin kita injek-injek!hehehe..)

Hal ini bisa terjadi karena dia mengalami proses yang namanya “Transdifferentiation” yaitu perubahan sel-sel lama menjadi sel-sel baru yang membuat dia menjadi “tidak pernah tua” karena sel-selnya regenerasi terus-menerus selama hidupnya.

Proses transdiferensiasi ini dimulai dari rusaknya tentakel dan permukaan kulit dan berlanjut dengan terjadinya pembentukan polip kembali. Kondisi yang menyebabkan dia melakukan transdiferensiasi antara lain dalam keadaan terancam dari musuh, keadaan masa krisis, dan menghindari serangan predator. Subhanallah…. 0(^_^)0

Bagaimana Penyebaran Ubur-ubur Turritopsis nutricula ?

Turritopsis nutricula diperkirakan berasal dari Laut Karibia (salah satu area lautan petualangannya Kapten Jack Sparrow,,,hehe) dan sudah menyebar sampai ke Asia. Dia biasanya ikutan nempel di kapal yang berlayar ke seluruh dunia.

Makanannya… so pasti plankton. Hmm, dengan ukurannya yang hanya 4-5 mm, memiliki kemampuan “young reverse”, dan “gak mati-mati”… waaaaahhhh…. dia bisa jadi ancaman keseimbangan ekosistem donk, terutama bagi sesama pemakan plankton juga.

Sampai saat ini sih, penelitian tentang Turritopsis nutricula masih terus dilakukan, terutama meneliti sampai ke tingkat ribosomal-DNA molekularnya. Mungkin, teman-teman yang nanti menjadi salah satu ilmuwan yang membuka tabir ini? Bisa jadi lochhh…(^-^)6

immortal-jellyfish-turritopsis-nutricula-4  Turritopsis nutricula tampak ventral

immortal-jellyfish-turritopsis-nutricula-3 Turritopsis nutricula tanpa lateral

  immortal-jellyfish-turritopsis-nutricula-1

Turritopsis nutricula tampak happy… \(^_^)/ … hehe

Sekian dulu ulasan tentang Turritopsis nutricula yah guys… ternyata banyak hal-hal menarik yang terkadang baru kita tahu. Tentunya, setiap ada hal yang unik pastinya akan saya share disini. See you on next fabulous topic … \(^_^)/

sumber : desmotivaciones.es; belajar.kemdiknas.go.id; pixerimage.com; en.wikipedia.org

Comments
  1. meandbiology says:

    Jika ada pertanyaan, silahkan share disini…terima kasih… Salam Semangat.. \(^_^)/

What Do You think ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s